Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi Kaltim Kuarta II 2023 Didorong Beragam Sektor

  •   Khajjar Rohmah
  •   13 Agustus 2023
  •   2:13pm
  •   Ekonomi
  •   2347 kali dilihat

Samarinda – Pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada kuarta II tahun 2023 mencapai angka yang positif. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim menunjukkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,84 persen pada periode tersebut. Angka ini mengalami peningkatan yang signifikan dari kuarta II tahun 2022 yang hanya mencapai 3,62 persen.

Menurut Kepala BPS Kaltim, Yusniar Juliana, pertumbuhan ekonomi Kaltim berasal dari performa yang positif di berbagai sektor usaha. Salah satu yang mencuat adalah sektor konstruksi yang memberikan kontribusi terbesar dengan pertumbuhan sebesar 22,12 persen.

"Di wilayah Kaltim, kemajuan dalam pembangunan Infrastruktur Kawasan Industri Kaltim (IKN) berdampak positif pada ekonomi. Sektor konstruksi menjadi pendorong utama dengan pertumbuhan tertinggi mencapai 22,12 persen pada triwulan kedua tahun ini," ujar Yusniar Juliana, Kepala BPS Kaltim, seperti yang dilansir oleh Bisnis.com pada Minggu (13/8/2023).

Namun begitu, sektor pertambangan dan penggalian juga tetap memberikan dampak signifikan pada pertumbuhan ekonomi Kaltim. Sektor ekstraktif ini terus menjadi pilar penting bagi perekonomian Kalimantan Timur, memberikan andil sebesar 40,69 persen terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) secara keseluruhan.

Dalam hal pengeluaran, sektor konsumsi pemerintah menjadi pendorong utama dengan pertumbuhan sebesar 34,74 persen. Ini dikarenakan adanya peningkatan dalam belanja pegawai, barang, jasa, serta bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah. Sementara itu, investasi juga tumbuh sebesar 14,25 persen dalam bentuk pembentukan modal tetap bruto, menunjukkan peningkatan investasi di Kaltim.

Secara regional, pertumbuhan ekonomi Kaltim juga menjadi yang tertinggi di antara provinsi-provinsi lain di Pulau Kalimantan. Kontribusi Kaltim terhadap PDRB Pulau Kalimantan mencapai 47,14 persen. Bahkan, pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur melampaui pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya mencapai 5,12 persen pada kuarta II tahun 2023. (*/krv/pt)

Sumber: Bisnis Kalimantan