Ekonomi

Pemprov Kaltim Siapkan Giat Temu Bisnis Tahap IV PDN Bali

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   4 Oktober 2022
  •   8:31pm
  •   Ekonomi
  •   463 kali dilihat

Samarinda - Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Biro Pengadaan Barang dan Jasa mempersiapkan data-data terkait Giat Temu Bisnis Tahap IV Produk Dalam Negeri (PDN) yang akan dilaksanakan pada 6 Oktober mendatang di Bali. Rapat tersebut mengundang seluruh perwakilan Perangkat Daerah (PD) Prov Kaltim.

Plt Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setprov Kaltim, Buyung Dodi Gunawan mengatakan persiapan data ini adalah terkait yang harus disampaikan nanti oleh Gubernur Kaltim (Isran Noor), utamanya dalam realisasi dan komitmen untuk belanja PDN hingga akhir tahun.

“Pada temu giat bisnis atau Business Matching nanti ada kegiatan Break Out Room yang seluruhnya akan membahas mengenai belanja PDN, sosialisasi e-katalog dan juga penerapan P3DN dalam pengadaan barang dan jasa. Kita ingin data-data yang sudah direalisasikan oleh seluruh PD nanti bisa untuk pegangan Pak Gubernur,” kata Buyung saat memimpin rapat di ruang Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Senin (3/10/2022).

Pada Rapat tersebut beberapa hal membahas terutama mengenai kendala-kendala yang dihadapi PD untuk realisasi belanja PDN.  Seperti halnya yang disampaikan Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltim, M. Sa’duddin juga sempat memberikan contoh bahwa belanja PDN untuk produk UMKM sangatlah mudah.

“Contohnya kue-kue saat rapat, itu kalau bisa kita wajibkan untuk produk khas Kaltim misalnya amplang atau elat sapi. Itu sangat membantu perkembangan UMKM dengan tidak hanya belanja PDN tapi membangkitkan perekonomian pelaku usaha,” ucapnya seraya berikan masukan.

Rencananya pada kegiatan di Bali nanti, akan ada arahan langsung dari Presiden RI kepada para Kepala Daerah terkait pengendalian inflasi, tindak lanjut afirmasi bangga buatan Indonesia dan pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim. (cht/pt)