Ekonomi

Pemilihan KaTa Kreatif 2021, Ekonomi Kreatif Harus Terus Bangkit

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   30 November 2021
  •   4:08pm
  •   Ekonomi
  •   617 kali dilihat

Samarinda - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Puncak Acara Pemilihan Kabupaten/Kota (Kata) Kreatif di Kota Samarinda Kalimantan Timur, Selasa (30/11/2021).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno yang langsung hadir di Swisbell Hotel Samarinda menyerahkan penghargaan kepada 21 Kata Kreatif yang telah terpilih setelah melalui berbagai proses penilaian.

Acara juga dihadiri oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, Walikota Samarinda Andi Harun, Anggota DPR RI Hetifah, Perwakilan Kepala Daerah yang mendapat Penghargaan serta Pegiat Ekonomi Kreatif lainnya.

Menurut Mas Menteri (sapaan akrab Sandiaga Uno), Kemenparekraf melakukan pengembangan Kata Kreatif guna menggali dan memanfaatkan potensi lokal demi peningkatan ekonomi masyarakat. Sehingga, ekonomi daerah akan segera bangkit dan kesejahteraan masyarakat juga akan segera tercapai.

“Pengembangan KaTa Kreatif dimulai dengan pemetaan dan mengusulkan subsektor ekonomi Kreatif apa yang bisa dikembangkan di kota/kabupaten tersebut. Bahkan ada unggulan produk kreatif melalui kegiatan Uji Petik. Selanjutnya, hasil Uji Petik tersebut diusulkan untuk ditetapkan menjadi KaTa Kreatif,” tuturnya.

Di tempat yang sama Walikota Samarinda, Andi Harun mengungkapkan rasa bangganya karena Kota Tepian menjadi tempat puncak penetapan Kata Kreatif. Hal ini karena harapan yang besar bahwa ekonomi kreatif harus terus tumbuh dan menjadi pendorong terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Ditengah krisis akibat pandemi Covid-19, kita tentu berharap pandemi tidak membuat kita kehilangan arah dan kreatifitas serta inovasi untuk bekerja keras bagi bangsa dan negara,” ungkapnya. (cht/pt)

Berikut daftar Kata Kreatif yang berhasil menerima penghargaan dari Kemenparekraf:


1. Kota Balikpapan
2. Kab Kukar
3. Kab Majalengka
4. Kota Malang
5. Kab Rembang
6. Kota Denpasar
7. Kab Gianyar
8. Kota Palembang
9. Kota Semarang
10. Kota Surabaya
11. Kota Surakarta
12. Kota Ambon
13. Kota Bandaceh
14. Kab Banjarnegara
15. Kota Salatiga
16. Kab Tanadatar
17. Kab Wakatobi
18. Kab wonosobo
19. Kota Bandung
20. Kota Cimahi
21. Kab Karanganyar
22. Kota Pekalongan