Ekonomi

Optimisme Konsumen Terhadap Ekonomi di Kaltim Tetap Kuat

  •   prabawati
  •   11 April 2023
  •   10:40am
  •   Ekonomi
  •   468 kali dilihat

Samarinda - Survei Konsumen (SK) Provinsi Kalimantan Timur Maret 2023 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi Kalimantan Timur tetap kuat.

 Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) mencapai 138,0, berada di atas zona optimis (>100).

 Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov Kaltim Ricky Perdana Gozali mengatakan berdasarkan komponen pembentuk IKK yang tetap kuat bersumber dari Indeks Ekonomi Saat ini (IKE) sebesar 132,8 dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 143,2.

 Keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini di Provinsi Kalimantan Timur sebagaimana ditunjukkan oleh IKE berada pada zona optimis sebesar 132,8.

 "Ini bersumber dari optimisme akan indeks ketersediaan lapangan kerja saat ini sebesar 144,5, indeks penghasilan saat ini sebesar 129,5, dan indeks pembelian barang tahan lama dengan capaian 124,5,"ucap Ricky dalam keterangan resminya, Selasa (11/4).

 Tetap terjaganya indeks ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan didorong oleh pemulihan kondisi ekonomi pascapandemi.

 Lebih lanjut, indeks pembelian barang tahan lama yang masih kuat didorong oleh peningkatan belanja furnitur dan perabotan rumah tangga, serta barang elektronik.

 Sejalan dengan IKE, ekspektasi konsumen ke depan di Provinsi Kalimantan Timur juga terpantau masih tetap kuat sebesar 143,2 dan bersumber dari ekspektasi konsumen terhadap penghasilan, kegiatan usaha, dan ketersediaan lapangan kerja yang masing-masing tercatat sebesar 137,0, 144,0, dan 148,5.

 Sambungnya, ekspektasi positif konsumen terhadap penghasilan didorong oleh perkiraan peningkatan omzet dan upah

 Sementara itu, kuatnya ekspektasi konsumen terhadap kegiatan usaha didorong oleh harga yang terkendali dan peningkatan subsidi/insentif pemerintah.

 Ekspektasi ketersediaan lapangan kerja juga tetap terjaga didorong oleh prakiraan perbaikan kondisi ekonomi ke depan. Optimisme konsumen tersebut diharapkan mampu diimbangi kondusivitas perekonomian Kaltim melalui pembangunan ekonomi yang menyeluruh untuk Kalimantan Timur yang lebih unggul. (Prb/ty).