Ekonomi

Kukar Festival Budaya Nusantara Membangkitkan Ekonomi Lokal

  •   Ceppy
  •   14 Juli 2023
  •   10:56am
  •   Ekonomi
  •   396 kali dilihat

Kukar Festival Budaya Nusantara Membangkitkan Ekonomi Lokal

Tenggarong – Kota Raja menjadi semakin hidup pada malam hari berkat Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) yang melibatkan berbagai agenda menarik. Festival ini diadakan di dua lokasi ramai, yaitu Taman Kota Raja dan Stadion Rondong Demang dan berhasil menarik minat masyarakat untuk ikut meramaikan acara tersebut.

Antusiasme pengunjung yang memadati KFBN dan kehadiran berbagai pertunjukan budaya memberikan manfaat positif bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang turut berpartisipasi dalam festival ini. Stadion olahraga tersebut menjadi tempat berkumpulnya pedagang dengan berbagai jenis dagangan, mulai dari kuliner hingga produk khas daerah. Selain pedagang tetap, juga terlihat pedagang asongan kaki lima turut memeriahkan kawasan tersebut.

"Masya Allah, dagangan saya laku keras, bahkan dua kali lipat dari biasanya," ujar Mita, seorang pedagang jajanan yang merasa bersyukur.

Pengalaman serupa juga dirasakan oleh pedagang gorengan dan minuman, Rahmat. Menariknya, antusiasme ini tidak hanya datang dari pengunjung, tetapi juga dari para pelaku UMKM yang sudah membuka lapak mereka jauh sebelum acara dimulai pada pukul 19.00 Wita. Sejak pukul 13.00 siang, banyak pedagang yang sudah beroperasi.

"Saya baru saja keluar dan membuka lapak, dalam waktu dua jam sudah mendapatkan pendapatan sekitar Rp 200.000. Semoga Tenggarong terus menjadi tuan rumah berbagai event, sehingga pedagang kecil seperti kami dapat terus berjualan dengan lancar," ucapnya dengan penuh sukacita.

Dengan antusiasme dan dukungan besar dari masyarakat, KFBN tidak hanya berhasil dalam melestarikan budaya, tetapi juga memberikan dampak positif bagi para pelaku UMKM. Dengan semangat seperti ini, diharapkan KFBN dapat terus menjadi sarana pelestarian budaya dan mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif daerah, serta dilanjutkan di masa mendatang. (sef/pt)

*Foto: Donni/Sefty