Ekonomi

Koperasi Kokoh Melalui Penguatan Kelembagaan

  •   ade putri
  •   3 November 2021
  •   9:03am
  •   Ekonomi
  •   764 kali dilihat

Samarinda - Banyak stigma pemikiran  beredar dimasyarakat yang menyebutkan koperasi dapat berkembang cepat jika modalnya besar. Padahal, tidak semuanya berjalan demikian. Ada pondasi yang membuat koperasi kokoh berdiri menjulang, yaitu Kelembangaan.

Hal tersebut dikatakan Kepala UPTD Pelatihan Koperasi Zainuddin Panani meawakili Kepala Disperindagkop dan UKM Prov Kaltim saat membuka Pelatihan Penguatan Kelembagaan Koperasi bagi Pengurus Koperasi di UPTD Pelatihan Koperasi Jalan Pandjaitan Samarinda, Rabu (3/11).

Zainuddin Panani menuturkan jika suatu organisasi kelembagaannya lemah, dipastikan tidak akan jalan dan sangat mepengaruhi kegiatan atau program-program selanjutnya.

“Untuk mengatasi masalah tersebut dari Disperindagkop UKM Kaltim selaku Dinas Teknis berupaya keras dan mengambil langkah-langkah kebijakan dengan memberdayakan koperasi dan mengadakan pelatihan bagi pengurus koperasi,”  ujarnya.

Dia menyebutkan kelembagaan koperasi dirasakan masih rendah, baik dari segi keterampilan, pengetahuan teknis dan manajemen usaha, terlihat dari jumlah koperasi yang ada di Kaltim sekitar 5000 namun yang aktif hanya sekitar 2900.

“Maka kami minta hendaknya ikutilah dengan baik pengurus koperasi pelatihan-pelatihan ini, jangan sampai hanya datang dan mendengarkan, tapi bagaimana setelah mendapatkan materi pelatihan penguatan kelembagaan ini, bisa diterapkan di koperasinya, sehingga koperasinya dinyatakan sebagai koperasi aktif,” pintanya seraya menyerukan kepada anggota dan pengurus koperasi. (ade/pt)