Ekonomi

Kakanwil Kemenag Kaltim Ajak Masyarakat Bijak Dalam Berbelanja

  •   prabawati
  •   29 Maret 2023
  •   1:57pm
  •   Ekonomi
  •   448 kali dilihat

 

Samarinda - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Kaltim H. Abdul Khaliq mengajak seluruh masyarakat bijak dalam berbelanja pada Ramadhan ini, yakni dengan membeli secukupnya.

"Jika berbelanja berlebihan dapat berdampak pada inflasi atau barang serupa menjadi naik harga,"ungkap Abdul pada Program Ulama Peduli Inflasi (UPI) yang dilaksakan di Masjid Baitul Muttaqien Islamic, Selasa (28/3).

Selain itu, berbelanja berlebihan dapat memicu terjadinya inflasi dan kenaikan harga yang berdampak pada daya beli yang menurun bagi masyarakat kalangan bawah, sehingga bagi warga yang memiliki banyak uang tetap diimbau tidak berlebihan belanja agar harga tidak naik.

Abdul mengatakan Program Ulama Peduli Inflasi ini merupakan program edukatif, bersifat mendidik dan membina masyarakat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri agar tidak berlebihan belanja guna menekan inflasi.

Bagi pedagang dan distributor, ia mengingatkan untuk tidak menimbun barang dan menaikkan harga, karena semua pihak harus sama-sama menjaga agar tidak terjadi inflasi.

Dimomentum Ramadhan, Abdul meminta para ulama, da'i dan penyuluh agama bisa mengajak masyarakat untuk menunaikan kewajiban untuk memberikan zakat, infaq dan shodaqoh.

Zakat, infaq dan shodaqoh sebagai salah satu cara menanggulangi kemiskinan yaitu dengan adanya dukungan dari orang yang mampu mengeluarkan hartanya untuk diberikan pada yang membutuhkan.

"Semoga berbagai upaya yang dilakukan dapat mewujudkan inflasi di Kaltim tetap stabil, rentan, kendali dan menjadi provinsi yang aman,"tuturnya. (Prb/ty)