Ekonomi

Jangkau Lebih Luas, Perkuat Promosi Pasar Murah

  •   resa septy
  •   4 Mei 2021
  •   1:14pm
  •   Ekonomi
  •   363 kali dilihat

SAMARINDA – Pasar Murah gagasan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Prov Kaltim kali ini kembali digelar.

Pasar Murah yang merupakan bentuk perhatian pemerintah dalam menjamin ketersediaan barang kebutuhan pokok masyarakat terutama mengantisipasi lonjakan harga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Kegiatan yang rutin diselenggarakan di setiap tahunnya ini turut melibatkan Bulog, Perusda Pergudangan dan aneka usaha Pemkot Samarinda, distributor maupun pedagang dan UKM.

Seperti halnya Manika Kaltim yang turut berpartisipasi menjajakan kerajinan manik Suku Dayak rintisan tahun 1995 silam, seperti Tas, Gelang, Masker, Taplak Meja, Kalung, dll.

“Tidak sekedar menjual produk saja, tetapi kita juga menjelaskan arti budaya di masing-masing produk. Jadi yang sebelumnya tidak tau menjadi tau. Ini juga jadi salah satu motivasi kami melestarikan maupun mengangkat nilai budaya,” ungkap Fadlian Arif penjajak Manika Kaltim di halaman kantor Disperindagkop dan UKM Prov Kaltim, Selasa (04/05/2021).

Berpartisipasi kesekian kalinya, Fadli pun menuturkan bahwa penyelenggaraan Pasar Murah telah terangkai dengan baik. Meskipun, penjualannya sempat menurun di awal pandemi Covid-19. Terkait komoditi yang dijajakan menurutnya juga sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan yang lebih terjangkau.

Harapan pun turut disampaikan oleh penjajak kerajinan manik Suku Dayak ini. Jangka waktu penyelenggaraan yang diharapkannya dapat lebih panjang dan penguatan promosi Pasar Murah yang harus lebih digalakkan.

“Tinggal lebih kuat promosi supaya pengunjungnya tidak disekitar sini saja. Jadi bisa menjangkau lebih luas lagi,” tandasnya. (resa/pt)