Ekonomi

Forum Enumerator Solusi Pengelolaan Data Harga Kebutuhan Pokok

  •   prabawati
  •   22 September 2021
  •   11:48am
  •   Ekonomi
  •   479 kali dilihat

Samarinda - Kepala Biro Perekonomian Setdaprov. Kaltim H.Nazrin mengatakan Forum Enumerator Survei Harga Komoditas dapat meningkatkan kinerja para petugas di lapangan dalam mencari solusi apabila menemukan permasalahan dalam pengelolaan data harga kebutuhan pokok yang akan diupload di Kabupaten/Kota melalui laman Lamin Etam.

"Dukungan data harga kebutuhan pokok itu merupakan bagian dari program kerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) serta sinergitas antara TPID Kabupaten/Kota dan Provinsi supaya berjalan dengan baik," tegasnya saat memberikan sambutan secara virtual pada Forum Enumerator Survei Harga Komoditas Penyumbang Inflasi se-Kaltim, Rabu (22/9).

Nazrin menyampaikan bahwa pihaknya juga telah menetapkan para pencacah data sebanyak 20 orang di 10 Kabupaten/ Kota se-Kaltim, dimana disetiap Kabupaten dan Kota terdapat 2 orang.

Cara dalam pengelolaan data salah satunya dengan menggunakan metodologi pencacahan, dan dalam pelaksanaannya para pencacah data juga harus konsisten dan berkomitmen dalam pengumpulan data.

Nazrin menambahkan bahwa diperlukannya dukungan Kepala Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota melalui program-program pengelola anggaran maupun program kegiatan TPID.

"Kita juga sudah menyurati Kabupaten/Kota  untuk menganggarkan perjalanan ke lapangan  dalam rangka pencacahan data," sebutnya.

Tambahnya apabila masih belum berjalan dengan baik maka akan ditindaklanjuti lagi surat tersebut,  karena inflansi ini penting bukan hanya untuk Provinsi Kaltim tapi bagi Indonesia. (Prb/as)