Ekonomi

Dukungan Perbankkan Sangat Besar Dalam Pergerakan Ekonomi

  •   prabawati
  •   17 Desember 2021
  •   11:00am
  •   Ekonomi
  •   140 kali dilihat
  •  

Samarinda - Saat ini berdasarkan data Disperindagkop dan UKM Kaltim tercatat sebanyak 307.343 unit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tersebar aktif. Tentu ini bagian tugas bersama untuk memperkuat dan meningkatkan kapasitas UMKM berkontribusi secara nyata dalam percepatan struktur ekonomi Kaltim.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Prov. Kaltim HM Sa'bani saat memberikan arahan pada peresmian Website KUR Kaltim di Hotel Bumi Senyiur Samarinda. Kamis (16/12).

Maka diperlukan kerja sama dan dukungan seluruh perbankkan, sehingga semua dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Peran perbankkan sangat besar dalam menggerakan perekonomian nasional terutama ekonomi di Kaltim.

"Tanpa peran dan keterlibatan aktif para perbankkan, maka pergerakan ekonomi khususnya UMKM di Kaltim akan melambat. Oleh sebab itu, semua pihak harus bekeja sama dan saling mendukung,"ucap Sa'bani

Menurutnya, kebijakan Pemerintah sudah cukup jelas KUR ini disubsidi oleh pemerintah. Oleh sebab itulah perbankan tidak usah khawatir.

Dengan pembinaan yang baik tethadap UMKM maka perguliran kreditnya akan lancar. Selama ini kebijakan pemerintah pada perbankkan dalam prnyaluran kredit pada UMKM palinga tidak 20 persen dari kebijakan kredit dimasing-masing perbankkan.

"Hal ini dilakukan karena kita ingin melakukan transformasi ekonomi untuk meningkatkan nilai tambah,"paparnya

Dengan berbagai kebijakan yang dilakukan OJK, Pemprov Kaltim berkeinginan agar UMKM di Kaltim semakin meningkat kedepannya. Seiring waktu berjakan, pertumbuhan ekonomi di Benua Etam mulai terus menggeliat. (Prb/ty).