Ekonomi

Donna Faroek: IKN Buka Peluang Usaha, Kita Jangan Hanya Jadi Penonton

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   16 April 2021
  •   8:29am
  •   Ekonomi
  •   472 kali dilihat

SAMARINDA- Geliat berbagai sektor akan terlihat seiring perpindahan Ibukota Negara (IKN). Untuk itu, masyarakat harus siap untuk bersaing sehingga tidak hanya jadi penonton. Akan tetapi, berupaya untuk terus mengembangkan potensi diri sehingga, tidak kalah saing dengan berbagai pendatang yang akan meramaikan IKN.

Hal ini ditegaskan Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kaltim, Dayang Donna Faroek saat menjadi narasumber Ngobrol Pintar dan Inspiratif garapan Diskominfo Kaltim bekerjasama dengan Disway Kaltim di Aston Hotel Samarinda, Kamis (15/4/2021).

Perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) menjadi angin segar bagi pengusaha di Kaltim. IKN bisa menjadi salah satu cara untuk mendorong investasi. Pemindahan ini bisa menjadi upaya pemerataan perekonomian dan jadi peluang bisnis yang luar biasa.

“Jangan sampai masyarakat lokal nantinya hanya sebagai penonton saja, sementara yang berperan besar dengan keberadaan Ibu Kota justru para pendatang," tegas Donna

Donna juga mengungkapkan besarnya harapan dunia usaha terhadap IKN baru.

Menurutnya, selama ini halangan investasi dari luar maupun dalam negeri yang terjadi di Kaltim banyak disebabkan perbedaan persepsi pemangku kebijakan dengan realitas di lapangan.

"Dengan hadirnya pemangku kebijakan di Kaltim, kebijakan bisa diambil lebih membumi untuk kepentingan pengembangan investasi di Kalimantan timur," jelasnya.

Menurutnya lagi, pemindahan Ibu Kota tentunya akan meningkatkan kegiatan pembangunan pula. Pemindahan penduduk ke Kaltim akan menumbuhkan tingkat konsumsi, yang juga membuka peluang usaha di Kalimantan Timur.

“Kita harap Pemerintah bisa memberikan kesempatan kepada seluruh pengusaha daerah Kaltim, untuk dapat bersama-sama dengan pengusaha  dari luar daerah Kaltim berkontribusi dalam proses pembangunan IKN,” ucapnya. (cht/pt)