Ekonomi

Darmansjah Optimis Prospek Ekonomi Kaltim Tahun 2022 Tumbuh Positif

  •   resa septy
  •   2 Desember 2021
  •   8:11pm
  •   Ekonomi
  •   864 kali dilihat

Samarinda - Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Timur, Darmansjah M. Prijanto optimis prospek ekonomi Kaltim pada tahun 2022 akan tetap tumbuh positif dan lebih tinggi dari tahun 2021. 

Hal ini diyakini Darmansjah lantaran melihat adanya perbaikan aktivitas masyarakat maupun industri di tengah pandemi Covid-19.

“Pertumbuhan ekonomi Kaltim pada tahun 2022 diprakirakan melanjutkan momentum pertumbuhan positif pada kisaran 3,45% - 4,25%,” kata Darmansjah saat membuka acara Temu Responden 2021 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur dengan tema “Post Pandemic Recovery: The Rise Of Digitization and Green Economy” di Ballroom Hotel Mercure, Kamis (2/12).

Pemulihan ekonomi pada sektor utama dan peningkatan konsumsi, investasi serta optimisme perbaikan ekonomi diberbagai elemen inilah yang dinilainya menjadi dorongan atas pertumbuhan ekonomi Kaltim nantinya, tambahnya.

Adapun peluang peningkatan pertumbuhan ekonomi yang telah terdata pada BI Kaltim. Peluang tersebut bersumber dari domestik dan eksternal. Beberapa diantaranya ialah peningkatan kinerja industri pengolahan dengan membaiknya kinerja pengolahan CPO (Crude Palm Oil), beroperasinya beberapa pabrik CPO yang baru serta penambahan kapasitas pengolahan pabrik CPO eksisting.

“Kedepan kami tetap optimis dengan berbagai tantangan yang ada karena di Kalimantan Timur memiliki banyak potensi. Peluang dan momentum untuk melakukan percepatan pemulihan ekonomi bahkan melakukan transformasi ekonomi dengan baik sangat luas. Sinergi yang kuat antara semua pihak tentu menjadi syarat penting untuk mewujudkan semua itu,” tutupnya. (resa/pt)