Ekonomi

BI Siapkan 329 Titik Penukaran Uang Baru Jelang Lebaran

  •   prabawati
  •   12 April 2022
  •   11:57am
  •   Ekonomi
  •   271 kali dilihat
  •  

Samarinda - Penukaran uang baru untuk Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah sudah dimulai oleh Bank Indonesia (BI) lewat Kas Keliling.

Untuk itu Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (BI Kaltim) menyiapkan layanan penukaran uang di 329 titik.

"329 kantor perbankan tersebut tersebar dalam 10 Kabupaten/kota di wilayah Kalimantan Timur yang bekerjasama dengan 34 Perbankan," sebut Kepala Devisi Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi BI Kaltim Hendik Sudaryanto saat menjadi narasumber pada dialog interaktif, Selasa (12/4).

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui sebaran titik lokasi penukaran dapat scan QR Code terlampir atau kunjungi bit.ly/LokasiPenukaranKaltim.

"Tukarlah di tempat yang resmi, hindari menukar di pinggir jalan, supaya aman dan mendapatkan uang asli serta gratis,"pintanya

Selain itu jelas Hendik bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran melalui Kas Keliling Bank Indonesia, diwajibkan terlebih dahulu untuk melakukan pemesanan melalui aplikasi penukaran PINTAR.

Hal ini dilakukan guna menghindari terjadinya kerumunan. Setiap penukar dapat menukarkan uang dengan total Rp 3,7 juta atau masing-masing sebanyak 1 (satu) untuk pecahan Rp 2.000 s/d Rp 20.000.

Uang tunai yang disiapkan tersebut terdiri dari Rp 329 milyar Uang Pecahan Kecil (UPK) dan Rp 3,69 triliun Uang Pecahan Besar (UPB).

Penyediaan uang tunai tersebut telah mempertimbangkan berbagai asumsi makro ekonomi terkini dan proyeksi perekonomian ke depan.

"Saya menghimbau kepada masyarakat dapat menggunakan dan merawat uang dengan baik serta belanja dengan bijak sesuai dengan tema serambi rupiah ramadhan,"terangnya.

Tambahnya BI juga akan selalu menyampaikan kepada masyarakat akan pentingnya rupiah melalui gerakan cinta dan bangga rupiah. (Prb/ty).