Ekonomi

BI Sebut Jumlah Pengguna QRIS Kaltim Capai 642.000

  •   prabawati
  •   14 November 2023
  •   7:50am
  •   Ekonomi
  •   434 kali dilihat

 

Bali - Kanal Pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Timur jumlah penguna  mencapai 642.000 hingga September 2023.

"Sementara nilai transaksi hingga oktober 2023 mencapai Rp 268,5 miliar," ungkap Kepala Perwakilan BI Kaltim Budi Widihartanto  pada capacity building bagi wartawan, di hotel  Padma Legian, Selasa (14/11).

Budi menyatakan data pengguna QRIS di Kaltim mengalami peningkatan signifikan, dan dalam beberapa tahun terakhir Kaltim menjadi wilayah dengan jumlah pengguna QRIS terbanyak di Pulau Kalimantan.

BI Perwakilan Kaltim akan terus bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota di Kaltim untuk meningkatkan penggunaan QRIS, terutama di kalangan pelaku UMKM.

Dikatakan Budi, masih banyak pedagang kecil di pasar-pasar maupun pelaku UMKM yang tersebar di kabupaten/kota belum menggunakan QRIS.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dengan melibatkan pemerintah setempat, termasuk pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota.

Kebijakan dan inovasi QRIS diarahkan sebagai entry point ke ekosistem digital bagi UMKM untuk mendukung inklusi dan konektivitas melalui fitur yang lebih lengkap dan harga yang murah serts cakupan yang lebih luas hingga mancanegara. (Prb/ty)