Ekonomi

BI Luncurkan Laporan Akuntabilitas 2020

  •   prabawati
  •   28 Januari 2021
  •   7:49pm
  •   Ekonomi
  •   470 kali dilihat

Samarinda--- Bank Indonesia meluncurkan Laporan Akuntabilitas Tahun 2020 yang terdiri dari Laporan Perekonomian Indonesia (LPI) 2020 dan Laporan Tahunan Bank Indonesia (LTBI) 2020, secara virtual, Rabu (27/1).

“Publikasi laporan tersebut sebagai perwujudan akuntabilitas dan transparansi Bank Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam UU Bank Indonesia", demikian disampaikan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo secara virtual, Rabu (27/1)

Gubernur BI memandang tema laporan yaitu Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi sangat tepat dalam memperkuat momentum proses pemulihan ekonomi Nasional setelah 10 bulan berjuang mengatasi dampak pandemi Covid-19.

Terlebih lagi, optimisme pemulihan dibangun melalui sinergi antara Pemerintah, BI, KKSK dan otoritas terkait, menunjjukan ketahanan yang kuat, stabilitas terjaga dan proses pemulihan ekonomi berlangsung.

Lebih lanjut, Perry Warjiyo menyampaikan tiga penguatan pada publikasi Laporan Akuntabilitas Bank Indonesia Tahun 2020, yaitu pertama, memulai tradisi baru rangkaian peluncuran publikasi akuntabilitas tahunan Bank Indonesia. Tradisi ini diawali Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) pada 3 Desember 2020, dilanjutkan dengan publikasi LPI 2020 dan LTBI  2020.

Kedua, mempercepat penerbitan kedua laporan tersebut pada Januari 2021 dengan tujuan untuk memberikan arah ekonomi dan kebijakan ke depan kepada seluruh pelaku ekonomi, sehingga dapat mendukung optimisme perekonomian, sekaligus menyediakan rujukan publikasi yang berkualitas dan terpercaya. Ketiga, memperkuat penyusunan laporan secara tematik yang telah dimulai sejak 2019.

Dia menjelaskan LPI 2020 menjabarkan pesan kunci terkait kinerja ekonomi dan prospeknya, serta sinergi kebijakan nasional dalam memperkuat ketahanan dan mendorong pemulihan ekonomi dalam menghadapi Covid-19.

Sementara itu, LTBI 2020 memaparkan kinerja di area kebijakan dan pengelolaan kelembagaan Bank Indonesia yang dilakukan berlandaskan tata kelola yang baik untuk mendukung terlaksananya pelaksanaan tugas dan wewenang khususnya dalam masa pandemi Covid-19.

"Seluruh transformasi kami paparkan seara jelas untuk mendukung visi BI yaitu menjadi bank sebtral terdepan untuk berkontribusi nyata terhadap perekonomian nasional dan terbaik di emerging marker menuju indonesia maju," terangnya (Prb/ty)