Ekonomi

BI Kaltim Siapkan Rp 4,19 Triliun Untuk Kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri

  •   prabawati
  •   27 Maret 2023
  •   6:03pm
  •   Ekonomi
  •   519 kali dilihat

 

Samarinda - Dalam rangka memberikan layanan penukaran uang rupiah di masyarakat dalam jumlah cukup, khususnya selama periode Ramadhan Tahun 2023, Kantor Perwakilan BI Provinsi Kaltim bersama Perbankan melakukan layanan penukaran uang kecil kepada masyarakat dengan tajuk Semarak Rupiah Ramadhan Dan Berkah Idul Fitri 2023.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kaltim Ricky Perdana Gozali mengatakan BI menyiapkan pemenuhan kebutuhan uang rupiah sebesar Rp 4,19 triliun.

"Apabila dibandingkan tahun sebelumnya,  maka jumlah tersebut mengalami peningktan 15,55 persen atau setara dengan Rp 564 miliar,"sebut Ricky saat dikonfirmasi di Kantor Perwakilan BI Kaltim, Senin (27/3).

Ricky mengatakan kebutuhan uang pada Ramdhan dan Idul Fitri tahun 2023 ini diproyeksikan meningkat dari tahun sebelumnya.

Secara nasional Bank Indonesia menyadiakan pasokan tunai sebesar Rp 195 triliun atau naik 8,2 persen dari tahun sebelumnya.

Hal ini sejalan dengan peningkatan dari mobilitas dan geliat aktivitas ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid dan potensi mudik lebaran tahun 2023 yang mendorong optimisme pemulihan pertumbuhan ekonomi.

Sebagai upaya mempermudah pelayanan penukaran uang di masyarakat dalam memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri BI Kaltim bersinergi dengan Perbankkan, OJK dan Pemerintah Daerah melayani penukaran antara bank lain.

Tampak hadir pada kegitan tersebut Wakil Walikota Samarinda Rusmadi Wongso, Kepala OJK Provinsi Kaltim Made Yoga Sudharma, Korem 091/ASN, Polresta maupun Pimpinan Perbankkan. (Prb/ty).