Ekonomi

BI Dorong Transformasi Ekonomi dan Keuangan Syariah

  •   prabawati
  •   31 Maret 2021
  •   5:02pm
  •   Ekonomi
  •   353 kali dilihat

Samarinda---Bank Indonesia terus mendorong transformasi ekonomi dan keuangan syariah sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Transformasi ekonomi dan keuangan syariah dilakukan secara optimal untuk berkontribusi nyata bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Demikian disampaikan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam peluncuran buku Laporan Ekonomi dan Keuangan Syariah (LEKSI) 2020 yang dilaksanakan secara virtual. Rabu (31/3)

Bahwa publikasi LEKSI 2020 sebagai bagian dari dukungan nyata Bank Indonesia dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Tema yang diangkat pada laporan tersebut adalah “Bersinergi Membangun Ekonomi dan Keuangan Syariah”.

Tema tersebut dipandang sangat tepat untuk memperkuat momentum pemulihan ekonomi nasional, termasuk Ekonomi dan Keuangan Syariah sebagai respon terhadap pandemi Covid-19.

Pencetaan ekosistem yang kondusif bagi industri halal dan penguatan sektor syariah untuk memenuhi kebutuhan disektor ekonomi menjadi hal yang strategis kedepan.

Di samping itu periode pandemi juga membuktikan pentingnya peran ekonomi keuangan mikro dan sosial syariah. Untuk memidigasi peningkatan angka pengangguran dan kemiskinan, serta mendorong akselerasi aktivitas ekonomi.

Optimalisasi teknologi digital dibalik hikmad Covid-19 memberikan jalan untuk mengatasi keterbatasan mobilitas akibat pandemi dalam memajukan ekonomi.

Tren pemulihan ekonomi terus meningkat di akhir tahun 2020, optimisme dikembangkan untuk pemulihan ekonomi yang akan lebih baik tahun 2021, didukung akselerasi program vaksinasi, keberlanjutan stimulus fiskal maupun moneter dalam upaya bersama untuk tumbuh lebih baik pemulihan ekonomi yang optimis ditahun 2020 dan semuanya didukung oleh transformasi ekonomi yang terus dilakukan menuju Indonesia makmur dan berpendapatan tinggi.

"Semoga laporan ini tidak hanya memberikan gambaran umum kondisi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia dapat membantu perumusan serta evaluasi kebijakan pengembangan ekonomi dan keuangan Nasional,"tegasnya (Prb/ty)