Ekonomi

70 Stand UMKM Meriahkan Pelaksanaan MTQ ke-44 Tingkat Provinsi Kaltim

  •   Hendra Saputra
  •   17 Mei 2023
  •   5:54am
  •   Ekonomi
  •   340 kali dilihat

Balikpapan - Sebanyak 70 stand yang diisi oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) turut serta memeriahkan pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-44 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur. Kegiatan tersebut dirangkai dengan Expo MTQ yang digelar halaman Balikpapan Sport and Convention Center atau Dome Balikpapan mulai 16-21 Mei 2023.

Pembukaan expo dilakukan dengan pengguntingan pita oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud didampingi Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan, H. A. Johan MRP, Selasa (16/5/2023).

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud mengungkapkan, saya menyambut baik diselenggarakannya expo ini yang memanfaatkan momentum kemeriahan pelaksanaan MTQ untuk ikut memajukan usaha dan industri kecil, sekaligus kesempatan untuk mempromosikan diri agar ke depannya dapat semakin berkembang.

Expo ini, lanjutnya merupakan nilai tambah dari MTQ, selain sebagai ajang lomba dan kompetesi tilawatil qur'an, juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk lebih mengenal produk buatan lokal yang kualitasnya mampu bersaing, baik berupa fashion, kuliner dan juga berbagai bentuk karya seni.

"Diharapkan expo ini mampu semakin menumbuhkan iklim industri kreatif di Kota Balikpapan pada khususnya dan Kaltim pada umumnya, " ucapnya penuh harap.

Kedepannya, semoga segmen pasar bagi para pelaku usaha ini akan semakin luas dan besar, diikuti dengan upaya yang berkesinambungan untuk meningkatkan kualitas produk agar terus mendapatkn tempat di dalam persaingan yang semakin ketat dan juga bisa membuka lapangan kerja yang lebih luas.

Sejalan dengan semangat kolaborasi dan sinergi, Rahmad Mas'ud mengajak seluruh pelaku usaha kecil dan industri kreatif yang ada di kaltim untuk bersama-sama memanfaatkan momentum pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), dengan semakin lengkapnya infrastruktur yang diharapkan berdampak pada semakin lancarnya proses produksi, distribusi barang, dan pemasaran.

"Tidak lupa saya juga meminta dukungan masyarakat terhadap saudara-saudara kita pelaku usaha kecil, agar tumbuh semakin kuat dan bisa menjadi tumpuan ekonomi daerah yang berkelanjutan, " tutupnya. (hend/pt)