Budaya

Yuli Ajak Membatik Dengan Teknik Shibori

  •   teguh p
  •   1 November 2021
  •   4:10pm
  •   Budaya
  •   531 kali dilihat

Tanjung Redeb – Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Kaltim menyempatkan melakukan Teknik Batik Shibori di Batik Ulin milik Yuli Eka Sari,  Sabtu (30/10/2021). Beralamatkan di Jl.Pemuda Gg Amal Rt.18 No. 64 Tanjung Redeb Kabupaten Berau.

Shibori adalah salah satu cara pencelupan tekstil di Jepang sejak Abad ke VIII.  Caranya dengan teknik pencelupan kain yang meliputi jahitan, ikatan, lilitan, dijepit dan dibungkus.

"Assalamu'alaikum Ibu, selamat datang di Batik Ulin Berau, langsung kita coba Teknik Batik Shibori," ajak Yuli Eka Sari Kepada Norbaiti dan Erni Makmur, selalu Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Kaltim.

Teknik Dasar Shibori adalah menggambar diatas kain dan diperlukan pengikatan kain sebagai cara utama agar motifnya bagus namun dengan cara singkat.

"Bagaimana ini caranya ibu," tanya Norbaiti kepada Yuli.

Kemudian, dengan kesabaran Yuli menuntun dan mengarahkan agar mengikuti instruksi menggunakan Teknik Shibori.

"Dicelup saja ibu, ini ada warna biru dengan merah," urai Yuli.

Setelah dicelup perwarna, Norbaiti beserta Erni Makmur lanjut untuk menyempatkan berbincang membahas tentang motif dan pewarnaan dengan pemilik Batik Ulin.

Pada kesempatan tersebut Ketua Dekranasda Kaltim, Norbaiti Isran Noor juga memesan Batik karya Bu Yuli, yang dominan berwarna hitam dengan gradasi warna jingga (orange). (tp/pt)