Budaya

Wagub Nilai Sultan Aji Muhammad Idris Layak Jadi Pahlawan Nasional

  •   prabawati
  •   8 April 2021
  •   7:06pm
  •   Budaya
  •   629 kali dilihat

SAMARINDA- Wakil Gubernur Kaltim, H. Hadi Mulyadi menilai Sultan Aji Muhammad Idris sangat layak diusulkan menjadi Pahlawan Nasioanl dari Kalimantan Timur.

"Beliau sebelumnya sudah 2 (dua) kali diusulkan dan ini yang ke 3 (tiga) kali.  Insyallah kita harus berjuang, karena beliau juga berjuang melawan VOC," Hal ini ditegaskannya pada Seminar Calon Pahlawan Nasional, di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Kamis (8/4).

Menurutnya terpilih atau tidak terpilih, apa yang dilakukan beliau memang adalah kepahlawanan yang harus diakui secara de facto.

Hal yang paling penting bukan sekedar memberikan penghargaan tetapi semangat kepahlawanan menjadi warisan bagi generasi muda, imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, seminar calon Pahlawan Nasional, menjadi salah satu alat untuk mewujudkan Sultan Muhammad Idris sebagai Pahlawan Nasional dari Kaltim.

"Seminar hari ini tidak boleh lama-lama kesimpulannya kita sepakat beliau sebagai Pahlawan Nasional,"terangnya.

Sementara, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Juriadi memaparkan pengusulan Calon Pahlawan Nasional dimaksudkan untuk menggagas dan mengkaji serat menelusuri peran dan perjuangan Sultan Aji Muhammad Idris dalam menghadapi kolonialisme pada zaman kesultanan di Kalimantan Timur, sehingga memenuhi syarat diusulkan sebagai Calon Pahlawan Nasional.

Selain itu,  juga kegiatan ini untuk menimbulkan kesadaran masyarakat Kaltim meneladani terhadap nilai-nilai kepahlawanan.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Kementerian Sosial RI, Kesultanan Kukar, Guru Besar Ilmu Sejarah dan Kepariwisataaan Universitas Negeri Makasar, UI Jakarta, Akasemisi. (Prb/pt)