Budaya

Semarak Festival Budaya Kemilau Kaltim Tahun 2022 di TMII

  •   Khajjar Rohmah
  •   22 Oktober 2022
  •   8:38pm
  •   Budaya
  •   968 kali dilihat

Jakarta - Festival Budaya Kemilau Kaltim diikuti oleh kabupaten/kota se provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Festival budaya ini digelar di Anjungan Provinsi Kaltim Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Acara akan berlangsung selama dua hari dan dimulai pada Sabtu (22/10/2022) pagi.

Semarak budaya mulai terasa kala penyelenggaraan festival dibuka dengan Tarian Lipan Bercahaya persembahan dari UPTD Taman Budaya Provinsi Kaltim. Suguhan tari itu disambut tepuk tangan meriah oleh 60-an Duta Besar dan Konsulat Asing dari negara-negara sahabat yang hadir.

La Ode Ahmad, Staf Ahli Menteri yang mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menyampaikan apresiasi yang tinggi atas acara ini dalam upaya promosi budaya daerah dan memajukan kebudayaan nasional.

"Kami menyambut baik festival budaya ini dan apresiasi yang tinggi untuk Provinsi Kaltim atas upaya memajukan kebudayaan nasional yang merupakan kontribusi nyata kita terhadap ketahanan nasional," ucapnya serius dalam sambutan mewakili Mendagri.

Ada beragam acara yang ditampilkan dalam Festival Budaya Kemilau Kaltim. Antara lain Panggung Seni Budaya, Pameran, Permainan Tradisional, Fashion Show, Musik dan Lagu Tradisional, serta yang tak kalah menarik, sajian kuliner khas Kaltim.

Adapun penampilan tari yang ditampilkan adalah Tari Gantar Rama dari Kabupaten Kutai Barat, Tarian Karya dalam Wabah persembahan pelajar dari Balikpapan, Fashion Show persembahan Gekraf Kabupaten Kutai Kertanegara, Lagu, Musik, dan Tari Jepen dari Dispar Provinsi Kaltim, serta yang memukau Tari Galing dari Dispar Kabupaten Berau.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni selain menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilaksanakan oleh Badan Penghuhung Provinsi Kaltim di Anjungan Kaltim TMII kali ini, juga turut berpromosi akan potensi keindahan alam, budaya, ekonomi, dan inventasi serta peluang setelah Kaltim ditunjuk sebagai IKN kepada undangan yang hadir dalam bahasa Inggris yang fasih.

"Sebelum datang ke Kaltim memang para tamu dan investor harusnya datang dulu ke Anjungan Kaltim ini, untuk mendapatkan informasi seni, budaya, potensi termasuk investasi. Untuk itu Anjungan Kaltim perlu berbenah segera." ujarnya dalam sambutan.

Selain dihadiri Staf Ahli Mendagri dan Sekda Provinsi Kaltim, tampak pula hadir Direktur Eksekutif TMII Emilia Eni Utari, serta beberapa Perangkat Daerah Pemprov Kaltim. Di antaranya seperti Kadis Pariwisata Drs. Ahmad Herwansyah, M.Si, Kadis Kominfo Muhammad Faisal, Kadis PTSP Puguh Harjanto, Kepala Taman Budaya Kaltim Ismid Rizal, dan Sekretaris Disdikbud, Disperindagkop, serta jajaran Dekranasda Kaltim.

Hadir pula perwakilan dari daerah yakni Balikpapan, Kutai Kertanegara, Berau, Penajam Paser Utara, Kutai Barat, dan Bontang.

Akhirnya acara ditutup dengan penampilan luar biasa dari Taman Budaya Kaltim dengan Tampilan Tarian Dayak dan Hudoq diiringi lantunan merdu lagu Burung Enggang. (Mf/KRV/pt)