Budaya

Rumah Lestari untuk Budaya Negeri, Pekan Temu Taman Budaya Se-Indonesia Digelar di Kaltim

  •   Sefty Wulandari
  •   19 September 2022
  •   6:50pm
  •   Budaya
  •   398 kali dilihat

Samarinda - Telah diselenggarakan sejak 20 tahun silam, Temu Karya Taman Budaya (TKTB) Se-Indonesia XXI kali ini resmi digelar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). TKTB 2022 di tanah Borneo mengangkat tema “Berkreasi Pulihkan Ekonomi Negeri, Jiwa dan Raga Spirit Nusantaraku”. Dilaksanakan kurang lebih sepekan lamanya yakni mulai tanggal 19-23 September 2022 mendatang.

TKTB 2022 di Bumi Etam diadakan untuk memberikan ruang dan memfasilitasi pelaku seni dan budaya di daerah dari berbagai bidang dan juga lintas generasi. Perhelatan ini merupakan ruang diplomasi antar wilayah dalam rangka mewujudkan kerjasama di bidang kebudayaan dan bersama-sama berupaya pulihkan ekonomi negeri.

Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Kaltim, Hadi Mulyadi dalam sambutannya mengucapkan Selamat dan Apresiasi setinggi-tingginya dengan terselenggarakannya kegiatan nasional yang diikuti sebanyak 32 Provinsi di Tanah Air ini. Mengenakan kostum Beskap Baju Adat Takwo khas Suku Kutai, Wagub menyapa seluruh tamu undangan dan masyarakat Kaltim yang hadir saat acara pembukaan tersebut.

“Selamat datang Bapak dan Ibu semua! Di Temu Karya Taman Budaya Se-Indonesia. Semuanya penuh semangat yang luar biasa. Kegiatan ini adalah tanda bangganya kita dengan budaya Indonesia sekaligus tanda pesatuan dan kesatuan bangsa!,” serunya.

Dengan antusiasnya tersebut, pria kelahiran Kota Tepian ini mengajak seluruh pihak untuk lebih rutin mengadakan acara serupa baik secara Nasional, Wilayah Provinsi, bahkan Kabupaten Kota. Hal ini agar eksistensi Taman Budaya yang tersebar di seluruh penjuru Negeri dapat semakin dikenal keberadaannya secara luas.

Taman Budaya sebagai rumah pelestarian harus mampu dirasakan tidak hanya oleh pelaku seni budaya, tetapi juga oleh masyarakat luas. Oleh karenanya, pemanfaatan dan pengembangan seni budaya tidak hanya bagi pelaku seni budaya, tapi juga masyarakat secara umum.

“Acara seperti ini harus lebih diaktifkan. Tak hanya Nasional namun juga di tiap Provinsi dan Kabupaten Kota. Semoga Temu Karya ini tak hanya memberikan informasi namun juga melahirkan inovasi yang bermanfaat untuk Indonesia seluruhnya,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut selain Wagub, hadir pula Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI) Nadiem Makarim secara virtual, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, Sekretaris Jenderal Direktorat Kebudayaan Kemendikbud RI Fitra Arda, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltim M Kurniawan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim Muhammad Faisal, DPRD Provinsi Kaltim, Forum Budaya se-Indonesia beserta jajaran tamu undangan lainnya.

Untuk diketahui TKTB 2022 dirangkai menjadi beberapa kegiatan dan berpusat di Halaman UPTD Taman Budaya Provinsi Kaltim Jalan Kemakmuran, Samarinda. Berbagai kegiatan tersebut diantaranya Pertunjukkan Seni dan Budaya di Arena Panggung Utama, Gelaran Teater dari perwakilan Taman Budaya se-Indonesia, Pameran Seni Rupa, Bazar, hingga Susur Sungai Mahakam di penghujung acara TKTB 2022. (sw/pt)