Budaya

Ratusan Pasang Mata Terpana Melihat Pertunjukan Adat Dayak Kenyah

  •   Teguh Prasetyo
  •   24 Juni 2022
  •   11:02am
  •   Budaya
  •   1922 kali dilihat

Samarinda - Mentari pagi memancarkan sinarnya, namun tidak menyurutkan antusias ratusan penonton memenuhi halaman Lamin Pemung Tawai Desa Budaya Pampang Kecamatan Samarinda Utara.

Disambut para panitia dengan penuh senyum dan sapa siapa yang tidak suka, senyum dan keceriaan khas warga setempat membuat para tamu betah untuk berlama-lama.

Kegiatan ini bertajuk Festival Budaya Dayak Kenyah dalam rangka syukuran pasca panen dan hari ulang Tahun Desa Budaya Pampang ke 49, Kamis (23/6/2022).

Kegiatan ini berlangsung hingga tanggal 26 Juni, dimulai pada pukul 10.00 WITA dan 14.00 WITA siang, dimana setiap harinya akan berlangsung tarian Adat Dayak Kenyah.

Sebanyak 13 jenis tarian Adat Suku Dayak sukses membius ratusan pasang mata, tidak hanya menyaksikan, para tamu yang berkenan juga bisa ikut menari bersama.

Kekompakan gerakan dan keseragaman pakaian yang dikenakan para penari sangat indah dipandang mata, terlebih melihat wajah para penari.



Mengawali kegiatan pagi itu 6 (enam) tamu penting di gotong menggunakan 'Pesawat Tempur' (Perahu yang diangkat oleh para warga Dayak) untuk membawa tamu kehormatan.

"Saya sangat tersanjung dan berterima kasih, karena mendapat kehormatan bisa menaiki 'pesawat tempur' yang baru diterbangkan pertama kali," ungkap Walikota Samarinda Andi Harun.

Perayaan syukuran dan HUT Desa Budaya Pampang dengan berbagai adat istiadatnya harus terus dilestarikan.

Ini merupakan warisan budaya oleh karena itu Pemerintah Kota Samarinda akan menggagendakan kegiatan ini sebagai kalander event dan seluruh biaya akan ditanggung oleh Pemerintah Kota Samarinda, tambahnya.

Tampak hadir pada kegiatan ini Komandan Korem 091/ASN Brigien TNI Dendi Suryadi, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli, Presiden Majelis Adat Dayak Nasional Marthin Billa, Ketua Umum Dewan Adat Dayak Kaltim Zainal Arifin dan Kesultanan Kutai Kartanegara. (tp/pt)