Budaya

Peringatan HUT Dekranas Ke-44, Ajang Pelestarian Wastra Indonesia

  •   Teguh Prasetyo
  •   15 Mei 2024
  •   3:24pm
  •   Budaya
  •   170 kali dilihat

Surakarta - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 di Hotel Alila Solo Rabu (15/5/2024).

Ribuan wanita tampak mengenakan pakaian khas dari berbagai daerah sejak pukul 7 pagiwwktu setempat, memenuhi ballroom Hotel Alila.

"Penyelenggaraan ini merupakan rangkaian peringatan HUT Dekranas ke-44. Maksud dan tujuan pelaksanaan peringatan ini adalah untuk memperingati hari lahirnya Dekranas pada tanggal 3 Maret 1980," jelas Ketua Dekranas, Ibu Wuri Ma'ruf Amin.

Ia menambahkan bahwa acara ini juga sebagai ajang apresiasi dan promosi budaya yang tercermin dalam berbagai produk kerajinan nasional dengan kearifan lokal Indonesia.

Tema tahun ini adalah 'Tumbuh Bersama Memajukan Warisan Bangsa', mencerminkan semangat untuk mewujudkan visi dan misi Dekranas, khususnya dalam kepengurusan masa bakti 2019-2024, untuk melestarikan produk budaya bangsa.

Dewan Kerajinan Nasional telah menjadi salah satu tonggak utama dalam mengembangkan potensi industri kerajinan di Indonesia sejak didirikan 44 tahun yang lalu.

"Perjalanan panjang ini penuh dengan tantangan tetapi juga penuh dengan prestasi yang membanggakan. Kita telah melihat bagaimana produk industri kerajinan Indonesia menjadi pusat perhatian dan mendapat pengakuan baik di tingkat nasional maupun internasional," ujarnya dengan bangga.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina Dekranas, Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

"Gejolak ekonomi global yang sedang berlangsung saat ini menjadi ujian bagi kita semua tetapi juga merupakan peluang untuk merespons dengan kreativitas dan keuletan para pengrajin," pesan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dihadapan ribuan peserta HUT Dekranas ke-44.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan pembukaan pameran dekranas yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Ibu Iriana Joko Widodo.

Acara ini dipandu oleh Raffi Ahmad dan Ayu Dewi serta dimeriahkan oleh penampilan Judika dan Rossa yang menghibur para undangan dengan lagu-lagu mereka. (tp/pt)