Budaya

Perayaan HMN 2024, Pemprov Kaltim Dukung Pengembangan Industri Musik Daerah

  •   Khajjar Rohmah
  •   27 April 2024
  •   5:48pm
  •   Budaya
  •   210 kali dilihat

Samarinda - Perayaan Hari Musik Nasional 2024 di Kalimantan Timur (Kaltim) resmi dibuka. Hari musik yang diperingati tiap 9 Maret ini diambil dari tanggal lahir musisi pejuang Indonesia, Wage Rudolf Soepratman. Sang pencipta lagu kebangsaan, Indonesia Raya. 

Provinsi Kalimantan Timur pada tahun ini, mendapat kehormatan sebagai tuan rumah perayaan HMN ke 21 tahun 2024. Penjabat Gubernur Kaltim, diwakili oleh Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Arih Frananta Filipus (AFF) Sembiring memberikan apresiasi yang tinggi pada penyelenggaraan HMN di Kalimantan Timur. Ia menilai, penyelenggaraan HMN di Kaltim ini dapat menjadi momentum pengembangan industri musik daerah. 

"Musik merupakan ekspresi budaya universal yang memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional. Pemprov Kaltim sangat mengapresiasi dan terus mendukung pembangunan daerah melalui gerakan ekonomi kreatif, khususnya dalam kegiatan bermusik," ungkap AFF Sembiring saat mewakili Pj Gubernur Kaltim dalam pembukaan HMN 2024 di Atrium Big Mall Samarinda, Sabtu (27/4/2024) siang. 

Apresiasi musik tanah air makin diperkuat dengan Keputusan Presiden (KEPPRES) Nomor 10 Tahun 2013 tentang Hari Musik Nasional. Regulasi HMN tersebut, bukan hanya sekadar menjadi momen perayaan semata. Namun menjadi momentum untuk merenungkan dan merayakan keberagaman kekayaan budaya musik bangsa Indonesia.

"Peringatan HMN ini harus dapat memberikan momen kepada kita untuk menikmati dan terus menjaga warisan musik Indonesia," tambah Sembiring. 

Perayaan HMN juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri penggiat musik tanah air untuk dapat berprestasi di kancah regional hingga internasional. 

"Tantangan yang kita hadapi adalah bagaimana menjaga keberlanjutan musik lokal kita. Pemprov Kaltim terus mendukung seniman pemusik lokal untuk terus berkarya. Dukungan kita adalah modal untuk musisi Kaltim agar berprestasi di kancah nasional dan internasional," pesan AFF Sembiring.

Hadir dalam Pembukaan HMN 2024 di Kaltim di antaranya Ketua Umum DPP PAPPRI Tony Wenas, Sekjen PAPPRI Dwiki Dharmawan, Ketua DPD PAPPRI Kaltim Rusmadi Wongso, Ketua Panitia HMN 2024 Muhammad Faisal, serta jajaran pengurus PAPPRI pusat dan daerah.

Malam puncak HMN akan digelar Sabtu (27/4/2024) malam ini. Dengan dimeriahkan oleh jajaran musisi nasional mulai dari Once Mekel, Ita Purnamasari, Sandy Canester, Sara Fajira, dan musisi lokal Kalimantan Timur. (KRV/pt)