Budaya

Pentingnya Generasi Muda Hormati Yang Tua

  •   prabawati
  •   13 Juli 2022
  •   2:31pm
  •   Budaya
  •   1588 kali dilihat

Samarinda - Para Lansia bukannya kelompok orang-orang yang tersisih, tapi orang-orang yang masih potensial dan memiliki sumber daya yang baik.

Sudah sewajarnya bila para lansia itu di tempatkan sebagai panutan, contoh teladan bagi para generasi muda yang dalam era saat ini dan dalam kehidupan dunia yang kian mengglobal dewasa ini, dihadapkan pada tantangan yang cukup besar.

"Saya mengimbau kepada generasi muda diajak berkomitmen untuk melaksanakan salah satu nilai dalam bangsa yang muda harus menghormati yang tua, dan yang tua mencintai yang muda,"ungkap Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim Deni Sutrisno saat memberikan arahan di Aula Hasan Basri, Kantor Dinsos Kaltim, Rabu (13/7).

Deni, mengatakan penghormatan dan penghargaan terhadap para lanjut usia, merupakan tradisi budaya dan bernilai luhur, karena jasa para orang tua tidak ternilai harganya.

Dewasa ini telah banyak terjadi perubahan dalam tatanan kehidupan keluarga dan masyarakat sebagai akibat pengaruh budaya luar yang tidak terfilter dengan baik. Budaya asing tersebut telah merusak nilai-nilai budaya, adat istiadat dan melemahkan keimanan serta ketaqwaan seseorang. Akibatnya satu hal yang cukup dirasa, adalah kurang pedulinya seseorang terhadap lansia.

Sebenarnya hal itu tidak akan menjadi beban apabila di antara kita memiliki kesadaran, kepedulian dan kecintaan yang tulus. Untuk itulah kecintaan dan kepedulian kepada para lansia perlu terus ditumbuh-kembangkan di dalam masyarakat.

Lanjut usia berhak diberikan kebahagiaan dengan berkumpul bersama komunitasnya dimana hak-hak mereka masih dihargai sehingga angka harapan hidup mereka semakin meningkat, hal ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia.

"Marilah kita berupaya senantiasa memberikan yang terbaik untuk para Ibu dan Bapak kita yang telah lanjut usia dengan kepedulian dan pengabdian dari segenap komponen bangsa untuk bersama-sama melindungi, menyayangi dan meningkatkan taraf hidup para Lansia,"tegasnya (Prb/ty).