Budaya

Pemilihan Putra-Putri Duta Tari Kaltim, Lestarikan  Nilai Luhur Tradisi Kesenian

  •   Khajjar Rohmah
  •   16 September 2023
  •   10:37am
  •   Budaya
  •   747 kali dilihat

Balikpapan - Pemilihan Putra-Putri Duta Tari Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bukan sekadar ajang unjuk bakat. Lebih dari itu, pemilihan duta tari memiliki misi suci dalam upaya merawat dan melestarikan budaya tarian daerah. 

Ajang Putra-Putri Duta Tari yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltim, terbukti mampu melestarikan budaya tari tradisonal melalui peran generasi muda. Duta putra-putri tari menjadi regenerasi pelestari tarian daerah dari masa ke masa. 

Sekretaris Disdikbud Kaltim, Yekti Utami menyebut, penyelenggaraan putra-putri duta tari berdampak positif bagi generasi muda. Terutama bagi para finalis yang dilatih dan dibina langsung dalam edukasi budaya tari daerah. 

"Selain itu, para duta tari dapat meneruskan pesan budaya yang menginspirasi masyarakat," ungkap Yekti Utami di Malam Grand Final Pemilihan Putra-Putri Duta Tari Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2023 yang dihelat di BSCC Dome Balikpapan, Jumat (15/9/2023). 

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kaltim, Robiana Hastawulan menerangkan, Pemilihan Putra-Putri Tari 2023 diikuti sebanyak 38 peserta dari seluruh kabupaten/kota. 

Mereka memperebutkan enam gelar. Di antaranya adalah duta persahabatan, duta tari berbakat, intelegensia, best peformance, runner up dan winner. 

"Duta tari ini digelar dalam rangka pengembangan dan penguatan seni yang berakar nilai luhur dan tradisi. Ini terus kita upayakan untuk memperkuat karakter bangsa di era globalisasi," tandas Robiana. 

Pemilihan Putra-Putri Duta Tari menjadi rangkaian dari Pekan Kebudaaan Daerah yang dihelat selama tiga hari pada 14-17 September 2023 di BSCC Dome Balikpapan. (Krv/pt)