Budaya

Pandemi, Dekranasda Kaltim Sediakan Pasar Online Bagi Pengrajin

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   25 Agustus 2021
  •   11:01am
  •   Budaya
  •   399 kali dilihat

Samarinda - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim, Norbaiti Isran Noor mengungkap berbagai persoalan yang dihadapi para pengrajin selama pandemi Covid-19. Salah satunya pemasaran.

Tidak ingin melihat pelaku usaha berdiam diri saja, Dekranasda Kaltim menyediakan tempat belanja online seperti e-katalog dan www.laminetam.com agar penjual bisa langsung terhubung dengan pembeli.

“Kita carikan pasar agar meskipun di rumah, mereka punya pasar untuk masyarakat. Tetap produktif seperti biasa. Meskipun pandemi, tak ada halangan bagi mereka untuk berjalan dan produktif,” ucap istri orang nomor satu di Kaltim saat mengisi acara live di akun instagram dekranasda.id pada pameran online Rumah Kriya Asri, Selasa (24/8/2021).

Dalam pasar online tersebut, sebelumnya pengrajin membawa barang mereka, kemudian dilakukan kurasi lalu ikut dalam e-katalog. Barangnya diperlihatkan dengan harganya beserta nama usahanya.

“Kita bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Kopererasi, Bank Indonesia serta Dekranasda Kab/Kota. Pasar online memudahkan penjual bertemu dengan pembeli sesuai dengan kategori usahanya. Bangga dengan produk Indonesia,” tegas Norbaiti (cht/pt)