Budaya

Malam Pembukaan OIC-Cultural Activities 2023: Menghargai Kekayaan Budaya dan Keramahan Kalimantan Timur

  •   Rizky Yusuf
  •   8 Juli 2023
  •   11:25pm
  •   Budaya
  •   524 kali dilihat

Samarinda - Kalimantan Timur dan Jakarta menjadi tuan rumah acara seremoni OIC-Cultural Activities (OICCA) tahun 2023 yang dihadiri oleh delegasi negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Acara tersebut dirancang untuk merayakan kerjasama budaya yang penting antara negara-negara anggota OKI.

Melalui OIC-Cultural Activities 2023, para peserta dapat berbagi pengetahuan, belajar dan mempromosikan kekayaan budaya masing-masing negara.

Pada Pembukaan dan Malam Ramah Tamah yang diadakan di Pendopo Odah Etam pada Sabtu (8/7/2023) malam, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni, menyampaikan sambutan kepada tamu delegasi negara OKI.

"Selamat datang di Kalimantan Timur. Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, saya mengucapkan selamat datang di Bumi Etam Kalimantan Timur," ucap Sri dalam sambutannya.

Di hadapan para delegasi, Sri, yang merupakan mantan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, juga menekankan pentingnya menghargai perbedaan budaya antarnegara di dunia yang semakin terhubung ini.

Menurutnya, kebudayaan adalah warisan berharga yang membentuk identitas dan memperkaya kehidupan. Event ini merupakan platform untuk menampilkan budaya dunia Islam yang beragam, dengan tujuan meningkatkan kesadaran bahwa kebudayaan dapat menjadi sarana untuk memperkuat hubungan antarnegara serta menyebarkan nilai-nilai Islam di kalangan generasi muda, sebagai kontribusi pada promosi toleransi dan interaksi konstruktif antarumat beragama.

Sekda juga menyampaikan bahwa penduduk Provinsi Kaltim sangat heterogen, terdiri dari penduduk asli dan pendatang yang berasal dari hampir seluruh daerah di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua, dari Utara Sulawesi hingga Selatan Nusa Tenggara Timur.

"Jadilah Kaltim sebagai miniatur Indonesia, dengan penduduk yang beragam etnis, agama, bahasa, adat istiadat dan kebudayaan, namun mampu hidup harmonis, aman, dan damai," ujarnya.

Ia meyakini bahwa selama acara ini berlangsung, para peserta akan merasakan keramahan dan keindahan yang dimiliki oleh masyarakat Kalimantan Timur.

"Saya berharap para delegasi OICC dapat merasa aman dan nyaman berada di Kalimantan Timur. Selamat melaksanakan kegiatan OIC-Cultural Activities 2023 serta menikmati wisata keragaman budaya di Kaltim. Saya berharap semoga Anda memiliki pengalaman yang tak terlupakan di Kalimantan Timur dan semoga acara OIC-Cultural Activities 2023 berjalan dengan sukses dan lancar," pungkasnya.

Acara tersebut juga diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Rifansyah Lukman, Juara 1 MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023.

Tampak Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo, memberikan cinderamata kepada Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni, serta kepada Tariq Ali Bakheet selaku Asisten Sekretaris Jenderal untuk urusan kemanusiaan dan budaya dan utusan khusus sekretaris jendral OKI.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama (rey/pt).