Budaya

KIM Muara Pelangi Bawa Pesona Hulu Sungai Mahakam dan Potensi Lokal Daerah ke Kancah Nasional

  •   Sefty Wulandari
  •   28 Oktober 2023
  •   5:00pm
  •   Budaya
  •   399 kali dilihat

KIM Muara Pelangi Bawa Pesona Hulu Sungai Mahakam dan Potensi Lokal Daerah ke Kancah Nasional

Surabaya - Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Muara Pelangi asal Muara Muntai, Kutai Kartanegara membawa pesona dari hulu Sungai Mahakam kepada banyak masyarakat tak hanya lokal, namun hingga nasional.

Program Kapal Wisata Pelangi Mahakam yang merupakan kegiatan sisir sungai menggunakan kapal wisata dan susur kampung Muara Muntai jadi primadona dan poin unggulan yang dipresentasikan KIM Muara Pelangi, didepan para juri dan juga pengunjung stan KIMFest 2023 di kota Pahlawan, 27-28 Oktober 2023.

Hal ini jadi kesempatan emas bagi Kalimantan Timur, melalui KIM Muara Pelangi untuk bisa mempromosikan potensi lokalitas daerah kepada masyarakat secara lebih luas lagi.

“Alhamdulillah kami sangat berbahagia, bangga dan bersemangat dapat menjadi salah satu perwakilan Kaltim dan mengenalkan daerah kita ke banyak orang. Di booth kami ramai sekali pengunjung yang antusias mendapatkan informasi dari daerah kita, ”ungkap Ketua KIM Muara Pelangi, Wahyudin Nur.

Pak Ding (sapaan akrab) juga menceritakan kerja keras KIM Muara Palangi dari awal dibentuknya pada November 2020. Sederet inovasi dikembangkan, untuk mengeksplorasi potensi-potensi yang ada.


Salah satunya, dengan adanya aktivitas transportasi air yang cukup tinggi di kawasan Muara Muntai. Sehingga, tercetuslah ide untuk memaksimalkan peluang ini sebagai sarana untuk memberdayakan aktivitas usaha masyarakat, di sektor wisata, kuliner, hingga karya-karya lainnya.

“Jadi tidak hanya sekadar lewat saja, namun lebih dari itu masyarakat luar atau masyarakat lokal sekalipun yang datang dan pergi dapat merasakan pengalaman menelusuri sungai Mahakam dengan nyaman dan berkesan, ” imbuh pemuda asli Muara Muntai ini.

Dia pun menambahkan, keikutsertaan mereka dalam ajang ini tak hanya untuk berkompetisi namun juga jadi kanal berbagi sesama KIM untuk dapat saling memotivasi dan bertukar pengalaman untuk pemberdayaan masyarakat yang lebih maju lagi.

“Menang itu bonus, yang terpenting misi kami untuk membawa informasi dari masyarakat untuk masyarakat lainnya, serta dari masyarakat untuk pemerintah selaku pembuat kebihakan dapat tersalurkan, ” tutupnya.  ( sef/pt)