Budaya

Kemenkominfo RI Sosialisasikan Implementasi TTE dan e-Meterai di Berau.

  •   Sefty Wulandari
  •   1 November 2023
  •   12:28pm
  •   Budaya
  •   393 kali dilihat

Kemenkominfo RI Sosialisasikan Implementasi TTE dan e-Meterai di Berau.

Berau - Bumi Batiwakal jadi tempat sasaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, untuk optimalisasi Implementasi Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi dan e-Meterai, di sektor pemerintahan dan layanan publik, serta sektor bisnis (UMKM).

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Bumi Segah, Rabu (01/11/2023) dengan dihadiri ratusan peserta secara hybrid. Sejumlah narasumber kompeten pun dihadirkan, untuk memberikan materi terkait Security Awareness dan aspek kemananan pelayanan digital, Sosialisasi Substansi PM Kominfo tentang Tata Kelola APTIKA, dan Implementasi TTE serta e-Meterai untuk Instansi Pemerintahan dan UMKM.

Sosialisasi pun disambut dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Berau. Sekretaris Daerah (Sekda), Muhammad Said mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan seluruh peserta terutama Perangkat Daerah dan Pelaku Bisnis UMKM Berau dapat terliterasi dan memperoleh wawasan baru dari materi yang disajikan.

“Perkembangan TIK erat kaitannya dengan kehidupan kita tak terkecuali pada sektor pemerintahan. Hal ini juga menjadi program prioritas kami yaitu meningkatkan tata pemerintahan yang bersih, berwibawa, transparan, dan akuntabel melalui SDM profesional berbasis digital teknologi,” ujarnya saat membuka acara kegiatan dengan resmi.

Selaras dengan itu, Berau pun telah melaksanakan digitalisasi dalam program pembangunannya yakni melalui Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

“Untuk implementasi transaksi digital ini tentu saja memerlukan otentikasi dan integrasi data yang sah. Nah, harapannya hal-hal terkait ini mulai dari penggunaan hingga keamanannya bisa kita pahami, jadi bisa kita wujudkan, seiring dengan cita-cita kita yaitu menjadi “Berau Smart City”,“imbuhnya.

Sesi pemaparan diikuti dengan antusias oleh para peserta. Nampak hadir Kepala Bidang APTIKA Diskominfo Kaltim Normalina, bersama dengan narasumber-narasumber nasional yaitu BSrE, Peruri, Direktur Tata Kelola APTIKA Kemenkominfo, serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Berau.

Sebagai bentuk fasilitasi dalam pemanfaatan TIK dan Tanda Tangan Elektronik serta e-Meterai ,diharapkan pula melalui kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan Perangkat Daerah dan pelaku UMKM akan pentingnya pengamanan dan keabsahan  informasi melalui penerapan tanda tangan Elektronik dan e-Meterai (sef/pt).