Budaya

Hidupkan Budaya Lokal, Pelataran Ampitheater Suguhkan Keindahan Musik dan Tari Daerah

  •   Khajjar Rohmah
  •   10 Juli 2023
  •   11:36pm
  •   Budaya
  •   527 kali dilihat

Tenggarong - Dalam acara Kukar Festival Budaya Nusantara yang tengah berlangsung, seni musik dan tari daerah menjadi sorotan utama.

Setiap pukul 4 sore hingga menjelang senja, selama pelaksanaan Kukar Festival Budaya Nusantara, para pengunjung dapat menikmati pertunjukan seni musik dan tari hiburan rakyat di pelataran Ampitheater Tepian Taman Kota Raja Tenggarong. 

Hari kedua pelaksanaan festival budaya ini, di tepian Sungai Mahakam yang menawan, masyarakat berbondong-bondong hadir untuk menyaksikan sajian seni budaya yang memikat.

Beberapa jenis hiburan yang dipertunjukkan antara lain Tari Olio dari Kota Bangun, Tari Mandau dari Desa Separi Tenggarong Seberang, Tari Berladang dari Suku Dayak, serta penampilan istimewa dari peserta asal Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menampilkan tari daerah dan atraksi api.

Tribun penonton di pelataran Ampitheater dipadati warga Kutai yang ingin menyaksikan langsung keindahan seni budaya khas Benua Etam.

Salah satu pengunjung asal Tenggarong, Dita, mengungkapkan kegembiraannya dengan sajian seni budaya daerah. 

"Seru. Ada banyak rangkaian acara menarik. Semoga kegiatan semacam ini terus menghidupkan kota Tenggarong," ujar Dita Senin (10/7/2023) sore. 

Diketahui, Kukar Festival Budaya Nusantara, atau yang sebelumnya dikenal dengan TIFAF 2023 akan berlangsung hingga Jumat, 14 Juli 2023. 

Selama acara berlangsung, beragam hiburan rakyat dan sajian seni budaya akan terus mengiringi warga Kutai. Selain itu, Bazar dan Expo UMKM lokal juga dipamerkan di Stadion Rondong Demang Tenggarong. (Krv/pt)