Budaya

Festival Topeng Nusantara 2023, Upaya Lestarikan Tari Topeng Kutai dan Perkuat Keberagaman Seni Budaya

  •   Ceppy
  •   9 November 2023
  •   8:48pm
  •   Budaya
  •   674 kali dilihat

Festival Topeng Nusantara 2023, Upaya Lestarikan Tari Topeng Kutai dan Perkuat Keberagaman Seni Budaya

Kutai Kartanegara - Festival Topeng Nusantara (FTN) tahun 2023 diharapkan dapat melestarikan keberadaan Tari Topeng Kutai, hingga memperkuat keberagaman seni dan budaya di Kutai Kartanegara (Kukar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Gelaran ini digagas oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kukar dan berlangsung mulai dari tanggal 9-11 November 2023.

Kegiatan yang berpusat di Taman Kotaraja Tenggarong ini mengusung tema “Mystical Mask of Nusantara” dan berkolaborasi dengan Solo International Performing Arts (SIPA). Adanya kegiatan ini diharapkan mampu mendorong Tari Topeng Kutai, agar dikenal masyarakat luas. Tari Topeng Kutai juga tidak kalah menarik dari tarian di luar daerah. Karena tidak hanya melibatkan berbagai elemen masyarakat mulai dari pelaku seni, hingga pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal.


“Kami bekerja sama dengan SIPA. Jadi, festival tersebut diikuti Pelaku Seni Tari Topeng Solo, Cirebon dan lainnya,” kata Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo

Selain itu, Slamet berharap, dengan adanya pagelaran Festival Topeng Nusantara selama kurang lebih 3 hari itu, semoga nantinya dapat memberikan imbas kepada siapapun, khususnya kepada pelalu UMKM.

“Semoga setiap event yang kita laksanakan berdampak juga terhadap pelaku UMKM, khususnya untuk peningkatan ekonomi mereka,” harapnya.

FTN 2023 pun akan dimeriahkan dengan Talkshow - Performing Art - Traditional Dance Workshop - Bazaar UMKM. (sef/pt)