Budaya

DWP Kaltim Selenggarakan Pelatihan Sulam Tumpar Untuk Melestarikan Budaya

  •   prabawati
  •   10 Oktober 2023
  •   5:42pm
  •   Budaya
  •   393 kali dilihat

 

Samarinda - Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalimantan Timur (DWP Kaltim) menyelenggarakan Pelatihan Sulam Tumpar di Hotel Puri Senyiur, Selasa (10/10).

Kegiatan dibuka oleh Ketua DWP Provinsi Kalimantan Timur, Indri Indah Winarni Riza dengan menghadirkan dua pengrajin Sulam Tumpar dari Tenggarong, Kukar.

Indri mengungkapkan pelatihan sulam tumpar ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Melalui pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan apresiasi dan kreativitas dalam mengembangkan seni sulam tumpar yang kaya akan nilai-nilai estetika, filosofi, dan identitas.

Indri pun menekankan sulam tumpar merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan dan dikembangkan. Selain itu, sulam tumpar memiliki potensi ekonomi yang besar, karena banyak diminati.

Sulam tumpar dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat, khususnya para perempuan yang memiliki keterampilan menyulam.

Dengan demikian, sulam tumpar membawa peluang besar untuk meningkatkan perekonomi masyarakat.

"Mari kita manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk menambah pengetahuan, keterampilan dan pengalaman kita dalam sulam tumpar,"tuturnya

Dia pun berharap pelatihan ini dapat membantu melestarikan menjadi budaya bangsa. (Prb/ty)