Budaya

Dekranasda Kaltim Award Jaring Inovasi Produk Pengrajin

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   12 Juli 2021
  •   3:35pm
  •   Budaya
  •   702 kali dilihat

SAMARINDA - Seluruh pengrajin di Provinsi Kaltim diajak untuk ikut serta berpartisipasi dalam ajang penghargaan yang dihelat Dewan Kerajinan Daerah Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim.

Perhelatan Dekranasda Kaltim Award sudah dapat diikuti sejak 21 Juni 2021 hingga 5 Agustus 2021 mendatang merupakan agenda tahunan guna menjaring inovasi dan kreatifitas terbaru produk-produk pengrajin yang ada di Kaltim.

Ketua Bidang Kreatif dan Inovatif Produk Dekranasda Prov. Kaltim, Dwi Cahyadi menjelaskan Dekranasda Kaltim Award ini adalah ajang apresiasi yang diberikan kepada pengrajin akan karya kreatif dari produk kerajinannya yang dilihat dari beberapa faktor seperti inovatif, keunggulan, ramah lingkungan, keaslian, daya jual dan tanggung jawab sosial.

“Adanya Award ini banyak hal yang ingin dicapai. Yang pasti kita ingin meningkatkan motivasi para pengrajin untuk inovasi produk dan kreatifitas. Kalau untuk kerajinan kita mulai berkembang, seperti sulam tumpar dan tenun mulai banyak diaplikasikan kemana- mana, jadi yaang kita inginkan inovasi dan kreatifitas terbaru,” jelasnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (12/7).

Lebih lanjut Dwi menerangkan penghargaan ini dapat diikuti pengrajin yang tergabung di bawah binaan Dekranasda Kab/Kota maupun peserta umum dengan syarat tinggal di wilayah Kaltim yang dibuktikan Kartu Tanda Penduduk yang berdomisili di daerahnya.

Kemudian peserta dapat mengirimkan maksimal 3 (tiga) produk karyanya di setiap kategori dan harus murni hasil karya sendiri maupun kelompok yang mengikuti.

“Berkaca dari tahun lalu, antusiasme dari peserta Kab/Kota ada 110 produk yang ikut serta meskipun baru permulaan. Tahun ini seharusnya lebih banyak, karena kita harapkan sosialisasi dari Dekranasda Kab/Kota untuk mengajak pengrajin di daerahnya,” terangnya.

Untuk kategori penghargaan, Dwi memaparkan bahwa ada penambahan dari tahun sebelumnya. Yakni pertama pengrajin kategori berbahan serat (rotan, bambu, pandan, rumput, doyo, dll), kedua kerajinan berbahan kayu ukuran produk maksimal 40 x 40 x 40 cm. Sedangkan, kategori ketiga adalah batik motif kaltim untuk busana.

“Tahun ini penghargaannya sama tapi ada penambahan kategori. Setiap kategori akan memperebutkan juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3 sehingga, jumlah semua pemenang adalah 18 pemenang untuk semua kategori,” paparnya.

Dwi berharap dengan adanya Dekranasda Kaltim Award ini para pengrajin tetap eksis dan mengirimkan produk karyanya yang inovatif dan baru untuk diikutkan di lomba ini sebagai bentuk pengembangan pengrajin.

Untuk diketahui, pendaftaran dan pengiriman produk pengrajin sudah bisa dilakukan mulai 21 Juni - 5 Agustus. Kemudian panitia akan melakukan penilaian dari 9-11 Agustus dan pengumuman pemenang 13 - 15 Agustus 2021. (cht/pt)