Budaya

BI Kaltim Gelar Bebaya Berbatik, Upaya Lestarikan Wastra Kalimantan

  •   Khajjar Rohmah
  •   21 Oktober 2023
  •   11:06pm
  •   Budaya
  •   519 kali dilihat

Samarinda - Jika di Jakarta ada Istana Berbatik, di Samarinda ada Bebaya Berbatik. Event tersebut diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur (BI Kaltim) bertajuk "Bebaya Berbatik Nusantara" yang menjadi salah satu rangkaian dari Kaltim Paradise Of the East 2023. 

Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi Wongso mengapresiasi acara Bebaya Berbatik yang diisi dengan fashion show beragam wastra lokal Kalimantan. Acara yang digelar di Taman Bebaya Tepian Samarinda itu, disulap menjadi arena catwalk para model mengenakan batik Nusantara. 

"Saya sengaja mengenakan batik dengan warna dan corak yang mungkin tidak masuk di mata bapak dan ibu. Semoga dapat menginspirasi pengrajin batik menghasilkan desain atraktif dan menarik serta mencirikan Kota Samarinda," ujar Rusmadi Wongso saat menghadiri Bebaya Berbatik di Taman Bebaya, Sabtu (21/10/2023). 

Tak hanya hadir, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim itu juga didaulat menjadi peraga busana yang berjalan di arena catwalk bak model bersama para tamu undangan lain. 

Di tempat yang sama, Kepala KPw BI Kaltim, Budi Widihartanto menjelaskan, kegiatan Bebaya Berbatik menyampaikan tiga pesan. Pertama sebagai bentuk pelestarian budaya, kedua sebagai pemberdayaan ekonomi lokal, dan ketiga mendorong penggunaan wastra dengan percaya diri. 

"Wastra merupakan cerminan budaya lokal kita. Motif dan coraknya, mencerminkan keyaan alam kita. Ini menjadi hal yang harus kita kembangkan sebagai bentuk kebanggaan dan menjaga identitas budaya," terang Budi.  

Adapun agenda Bebaya Berbatik juga melibatkan UMKM dan pembatik lokal serta mengundang para influencer Samarinda dan para duta wisata dalam mempromosikan batik khas Kalimantan. (KRV/pt)