Budaya

Bepelas Malam Pertama Sultan Kutai Kartanegara

  •   Ceppy
  •   25 September 2023
  •   2:16pm
  •   Budaya
  •   509 kali dilihat

Bepelas Malam Pertama Sultan Kutai Kartanegara

Tenggarong – Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Sultan Adji Muhammad Arifin melaksanakan Bepelas Malam Pertama, Minggu (24/09). Bepelas Malam merupakan salah satu upacara sakral yang wajib dilaksanakan Kesultanan Kutai Kartanegara pada setap malam selama berlangsungnya pesta adat erau.

Selama berlangsungnya upacara adat ini, sejumlah tarian sakral disuguhkan para kerabat Kesultanan Kutai. Mereka menari sambil mengelilingi tiang Ayu atau Sangkoh Piatu yang telah berdiri tegak.

Setelah mengelilingi tiang Ayu, sejumlah kerabat kesultanan Kutai tampil membawakan tari-tarian

Upacara Bepelas Malam Pertama berlangsung singkat, sebab pada malam tersebut Sultan hanya menginjakkan kakinya satu kali ke gong Raden Galuh untuk dipelas. Saat Sultan menginjakkan kakinya, terdengar pula suara gelegar ledakan meriam yang menjadi simbol dari malam bepelas.

“Jumlah dentuman meriam selaras dengan acara Bepelas pada malam hari tersebut. Karena. malam ini adalah malam pertama. Maka meriam yang diledakkan adalah sebanyak satu kali. Begitu seterusnya” jelas Dedy, Kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara

Pada akhir sesi upacara sakral ini, kembali tari-tarian mengisi acara adat tersebut. Rangkaian Bepelas pun akan terus dilangsungkan hingga berakhirnya Erau Adat Pelas Benua 2023. (sef/pt)