Berita

Wujudkan Transportasi Ramah Lingkungan, Jokowi Groundbreaking Blue Bird Group Di IKN

  •   Rizky Kurniawan
  •   25 Desember 2023
  •   8:34pm
  •   Berita
  •   858 kali dilihat

Nusantara - Dalam rangka mewujudkan visi lingkungan hijau yang menjadi semangat utama dalam pembangunan Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Presiden RI Joko Widodo meresmikan era baru dalam transportasi di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada tanggal 21 Desember 2023.

Langkah ini menjadikan IKN sebagai kawasan hijau dengan transportasi, listrik, dan energi yang ramah lingkungan. Yaitu, mewujudkan pembangunan IKN dengan konsep Forest City.

Dalam peluncuran transportasi ramah lingkungan ini, Presiden Jokowi menegaskan bahwa hal ini bukan hanya sebatas inisiatif, tetapi juga menjadi simbol komitmen dalam mempercepat pengembangan sistem transportasi publik berbasis listrik.

"Saya turut mengapresiasi kontribusi Blue Bird Group dalam pengembangan ini, bahwa investasi besar, sebesar 250 miliar rupiah dari Blue Bird Group menjadi landasan penting dalam pengembangan sistem transportasi ramah lingkungan," ujar Jokowi saat Groundbreaking Blue Bird Group di kawasan inti IKN.

Ditambahkannya, Transportasi ramah lingkungan ini mencakup berbagai moda transportasi darat, mulai dari bus Rapid Transit listrik hingga layanan taksi, mobil rental, dan bus jurusan Balikpapan IKN.

Blue Bird Group telah menyiapkan berbagai sarana pendukung lainnya, seperti halte modern, Park and Ride dan charging point yang terintegrasi dengan teknologi pintar.

Presiden Jokowi juga mengungkapkan dalam momen bersejarah ini, kehadiran para pemimpin dan tokoh penting menjadi komitmen nyata dalam mewujudkan visi masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Sementara itu, Yoga dari Blue Bird Group menjelaskan bahwa unit spot yang sudah ada di IKN saat ini, rencananya sebagai tempat transformasi hijau, yang semua fasilitasnya menggunakan energi elektrik.

"Harapannya, semua sistem transportasi yang telah dibangun dapat terus berjalan dan memberikan manfaat bagi penggunanya," ucap yoga.

Adapun jangkauan pengisian baterai saat ini mencapai sekitar 150 hingga 180 kilometer sekali pengisian, memastikan keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan dari Balikpapan ke IKN.

Peluncuran transportasi ramah lingkungan ini menandai sebuah terobosan besar dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat di Kawasan Ibu Kota Nusantara. (Rzk/ty)