Berita

WNI Terimbas Konflik Sudan, Menko PMK Muhadjir Effendy : Keselamatan WNI adalah yang Utama

  •   Sefty Wulandari
  •   5 Mei 2023
  •   2:40pm
  •   Berita
  •   730 kali dilihat

WNI Terimbas Konflik Sudan, Menko PMK Muhadjir Effendy : Keselamatan WNI adalah yang Utama

Balikpapan - Konflik mencekam yang saat ini tengah melanda negeri Sudan turut berdampak pada sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) tak terkecuali WNI asal Kalimantan Timur.

Diketahui, keenam warga Kaltim yang terimbas konflik di negeri yang terletak di timur laut benua Afrika tersebut , akhirnya telah tiba di Kaltim dengan selamat dan dapat berjumpa kembali dengan keluarga yang mereka rindukan.

Ditemui disela agenda kerjanya di Balikpapan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan pemerintah beserta seluruh pihak terkait memastikan evakuasi WNI berjalan dengan lancar dan terus dikoordinasikan dengan berkala. Secara teknis, sebagian masih ada yang ditempatkan di wisma haji Jakarta, dan sebagian pula telah dipulangkan ke daerah asal masing-masing.

“Sebagian (WNI) ada yang kita tampung di wisma haji jakarta, sebagian sudah pulang ke kampung halaman masing-masing. Baik atas inisiatif sendiri maupun bantuan pemerintah, baik pusat maupun daerah. Semua terus berkoordinasi,” jelasnya kepada awak media.

Mantan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia RI ini pun berkata kepada WNI terutama yang berstatus Mahasiswa agar tidak khawatir pada kelanjutan studi yang mereka tempuh. Pemerintah tentu berkomitmen akan mencarikan solusi untuk kelanjutan pendidikan mereka yang tertunda akibat terjadinya peristiwa ini.


“Untuk mahasiswa, yang terdampak studinya nanti akan kita bicarakan lebih lanjut dan pastinya akan dicari alternatif terbaiknya. Yang penting sekarang keselamatannya terlebih dahulu, ”ucapnya.

Turut membersamai Menko PMK RI Muhadjir Effendy pada kesempatan tersebut yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim Muhammad Faisal, di ruang VIP Bandara Sultan Sulaiman Sepinggan Balikpapan, tak lama berselang setelah agenda penyambutan kedatangan WNI Kaltim dari Negara Sudan. (sef/pt)