Berita

Wapres RI Berikan Orasi Ilmiah, Peranan Perguruan Tinggi Perkuat Akidah, Akhlak dan Karakter Kebangsaan

  •   resa septy
  •   2 November 2021
  •   2:15pm
  •   Berita
  •   348 kali dilihat

Samarinda - Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin berikan Orasi Ilmiah pada Rapat Terbuka Senat Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalimantan Timur dalam rangka Dies Natalis Ke-7 dan Peresmian Gedung Kampus 2 UNU Kaltim di Ballroom Hotel Bumi Senyiur, Selasa (2/11).

Orasi Ilmiah dengan tema “Memperteguh Karakter Kebangsaan Melalui Peningkatan Peran Perguruan Tinggi” ini merupakan agenda pertama bagian dari kunjungan kerjanya di Bumi Etam, Kota Tepian Mahakam yang terjadwalkan selama sehari. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi informasi menjadi awal dari Orasinya hari ini.

“Kemajuan teknologi informasi membuka berbagai peluang baru untuk memperbaiki kehidupan manusia. Namun disisi lain perkembangan teknologi informasi juga membawa tantangan dan resiko,” ucap Ma’ruf Amin.

Sebagaimana teknologi informasi yang telah banyak mengubah aspek kehidupan. Adapun hal-hal yang perlu menjadi titik perhatian. Seperti halnya penyebaran paham-paham secara masif yang bertentangan dengan ideologi negara serta maraknya disinformasi atau hoaks.

Kondisi inilah yang dinilainya berpotensi memecahbelah keutuhan bangsa dan negara. Oleh karena itu, Ia menyebutkan Perguruan Tinggi dalam hal ini seyogyanya dapat mengerahkan mahasiswanya untuk berpikir kritis menyikapi arus informasi dengan berpegang teguh akidah dan ilmu pengetahuan.

“Saya berharap UNU Kaltim dapat mengembangkan pendidikan yang tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan. Tapi juga memperkuat akidah, akhlak dan karakter kebangsaan serta generasi muda Kalimantan Timur secara luas,” harapnya.

Selain itu, membangun karakter bangsa juga ditekankannya harus dimulai sejak dini. Karakter kebangsaan penting untuk menangkal nilai-nilai yang bertentangan dengan Pancasila guna memperteguh persatuan Indonesia.

Seusainya berorasi, acara pun dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti sebagai tanda diresmikannya Gedung Kampus II UNU Kaltim oleh Wapres RI Ma’ruf Amin didampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Gubernur Kaltim Isran Noor dan Rektor UNU Kaltim Farid Wadjdy.

Kegiatan orang nomor 2 di Indonesia ini kemudian dilanjutkan dengan peninjauan sekaligus peresmian Kampus II UNU Kaltim di Jalan APT Pranoto, Rapak Dalam. Setelah itu, agenda terakhirnya ialah memimpin Rapat Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pelayanan Publik secara terbatas serta meninjau pameran UMKM di Pendopo Odah Etam Komplek Gubernur Kaltim dan kemudian betolak kembali ke Jakarta pukul 17.15 wita. (resa/pt)