Berita

Wagub Kaltim Resmikan Kampung Lengkeng dan Hortikultura Estate Samboja

  •   Bagus Setiawan
  •   9 September 2023
  •   5:03pm
  •   Berita
  •   520 kali dilihat

Samboja - Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi membuka dan meresmikan Gebyar Lengkeng dan Launching Hortikultura Estate. Bertempat di Pantai Ambalat Beach Camp Resort Kel. Amborawang Laut, Kecamatan Samboja Barat Kabupaten Kutai Kartanegara, yang diselanggarakan oleh Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim. ( 9/9 )

Dalam dalam sambutanya Wagub Kaltim mengatakan, hidup di Indonesia ini sangat beruntung karna di anugerahi tanah, iklim yang sangat kondusif, tumbuhan apa saja, yang ditanam pasti hidup.

"Seperti lirik lagunya Kus Plus band, Tongkat Kayu dan batu jadi tanaman, buktinya saya pernah membawa bibit bunga tulip dari Amsterdam Belanda, yang habitat dan iklim berbeda dengan Indonesia, saya tanam, bukan hanya tumbuh tetapi berbunga. Berdosa kalau kita tidak bercocok tanam di tanah Indonesia ini, ungkap Hadi Mulyadi.

Mantan Anggota DPR RI Kaltim juga menyampaikan sebuah hadis Nabi Muhammad SAW, "Apa bila besok kiamat, di tanganmu ada biji sawi, tanam,", makna dari hadis tersebut pembangunan pertanian untuk anak cucu kita dimasa depan. 

Wagub Kaltim menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya Gebyar Lengkeng dan Launching Kampung Hortikultura Estate, ini sebagai bentuk penyampaian informasi dan kinerja pengembangan hortikultura khususnya komoditi lengkeng melalui pola pekarangan dan pola kawasan di Kecamatan Samboja Barat secara khusus dan Kalimantan Timur secara umum.

"Momentum ini, saya harapkan memberikan motivasi kepada masyarakat pelaku pengembangan hortikultura khususnya komoditas lengkeng di Kalimantan Timur," kata Hadi Mulyadi.

Seusai sambutan Wagub Kaltim Hadi Mulyadi makan buah Lengkeng bersama sebagai tanda diresmikannya Kampung Lengkeng dan Hortikultura Estate , didampingi Sekretaris Daerah Kaltim Sri Wahyuni , Kepala DPTPH Kaltim Siti Farisyah Yana, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim Muhammad Faisal, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kaltim Deni Sutrisno, Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kaltim Nina Dewi, dan Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun Direktur Katahanan Pangan Otorita IKN Lenggono. Dirjend Holtikultura Kementan RI diwakili Farida Nuraini. Bupati Kukar diwakili Kadis Pertanian Kukar. (Bgs/ty)