Berita

Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa Indonesia

  •   Leliyana Andriyani
  •   1 Oktober 2021
  •   11:38am
  •   Berita
  •   313475 kali dilihat

 

Samarinda - Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila" menjadi tema Hari Kesaktian Pancasila 2021. Untuk tahun ini, upacara Hari Kesaktian Pancasila sudah dapat dilakukan secara langsung namun terbatas dan tentunya diikuti secara virtual dengan format yang lebih sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Usai melakukan Upacara Hari Kesaktian Pancasila bertempat di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Wakil Gubernur Hadi Mulyadi kembali mengikut upacara Hari Kesaktian Pancasila 2021 di tingkat pusat yang berlokasi di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Dalam wawancara bersama awak media Hadi menegaskan bahwa warga negara Indonesia harus bersyukur memiliki Pancasila sebagai ideologi yang menyatukan bangsa Indonesia dengan berbagai suku dan budaya yang berragam.

"Kaltim sebagai calon Ibu Kota Negara harus memiliki rasa kesatuan dan persatuan,"jelas Hadi.

Pancasila sebagai ideologi negara adalah sarana pemersatu masyarakat dan pengarah motivasi bangsa untuk mencapai cita-cita.

Dan Pancasila sebagai ideologi negara secara lebih luas adalah visi atau arah kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Visi tersebut adalah terwujudnya kehidupan yang menjunjung tinggi ketuhanan, nilai kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan.

Sehingga Hadi mengharapkan bahwa Ideologi Pancasila menjadi pemandu arah bagi bangsa Indonesia. (LA)