Berita

Varian Delta Masuk di Tiga Kota

  •   prabawati
  •   21 Juli 2021
  •   12:32pm
  •   Berita
  •   283 kali dilihat

Samarinda - Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Setyo Budi Basuki membenarkan Covid-19 Varian Delta telah masuk di Kalimantan Timur.

"Saat ini sesuai dengan sempel whole genome sequencing (WGS) yang diterima memang ada 3 Kota yang terdapat varian baru,"ungkapnya saat menjadi narsum pada dialog interaktif, Rabu (21/7).

3 kota tersebut yakni Samarinda, Balikpapan dan Bontang. Dimana Balikpapan ditemukan 3 orang, Samarinda 2 orang dan Bontang 3 orang yang terkonfirmasi positif virus delta.

Basuki memohon kehati-hatian kepada seluruh masyarakat, bahwa varian delta ini memiliki ciri penularan begitu cepat dan mematikan.

Tingkat infeksi menurut Basuki jauh lebih tingggi dari pada varian aplha, 10 sampai 70 persen lebih cepat menular dari pada varian sebelumnya. Sementara masa inkubasi varian delta sekitar lima hari sudah muncul gejala.

Lanjutnya, varian delta ini juga akan cepat sembuh pada orang yang memang tingkat kekebalan tubuhnya baik dan sudah divaksin.

Dengan divaksin maka akan membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dengan cepat melawan virus delta maupun alpha.

Walapun sudah divaksin Basuki juga meminta masyarakat tetap disiplin menjalan protokol kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah. (Prb/ty)