Berita

Vaksin Booster Gratis Mulai 12 Januari 2022

  •   Leliyana Andriyani
  •   11 Januari 2022
  •   10:21pm
  •   Berita
  •   972 kali dilihat

Jakarta - Indonesia menjadi satu dari lima negara dengan cakupan vaksinasi terbanyak di dunia. Hal itu dijelaskan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bahwa berdasarkan data Our World in Data per tanggal 4 Januari 2022, Indonesia sudah menyuntikkan vaksin COVID-19 sebanyak 283.554.361 dosis.

 Namun Kepala BPOM Penny K Lukito menyebut titer antibodi yang didapatkan warga pasca vaksinasi Covid-19 terpantau mengalami penurunan, sehingga dibutuhkan suntikan antigen baru melalui vaksinasi booster untuk memberikan perlindungan tambahan.

Maka Pemerintah Indonesia putuskan Vaksin COVID-19 Ketiga (Booster) GRATIS untuk seluruh masyarakat Indonesia. Program vaksinasi COVID-19 dosis ketiga (booster) akan dimulai 12 Januari 2022.

Hal ini dibenarkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam unggahannya di akun instagram pribadinya dengan caption senagai berikut :

 

*Hampir seluruh provinsi di Tanah Air telah mencapai target 70 persen vaksinasi Covid-19. Capaian vaksinasi di Indonesia telah mencapai lebih dari 280 juta dosis, 169 juta dosis pertama, yang membawa Indonesia naik menjadi peringkat empat dunia di bawah China, India, dan Amerika Serikat.

Mulai besok, 12 Januari 2022, Indonesia mulai melaksanakan vaksinasi dosis ketiga atau booster untuk warga lanjut usia dan kelompok rentan, yang sudah menerima vaksin dosis kedua lebih dari 6 bulan sebelumnya.

Vaksin-vaksin untuk booster yang sudah dipersiapkan pemerintah telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM dari Sinovac, CoronaVac, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zifivax.

Dan satu hal lagi: vaksinasi dosis ketiga ini diberikan gratis.*

 

Vaksin booster akan diberikan kepada masyarakat berusia di atas 18 tahun yang telah mendapatkan vaksin dosis kedua lebih dari 6 bulan lalu.

Program ini diprioritaskan pada kabupaten/kota yang capaian vaksinasi sudah 70% untuk dosis 1 dan 60% untuk dosis 2.

Masyarakat dapat melakukan pengecekan statusnya di https://vaksin.kemkes.go.id/

Setidaknya ada 21 juta orang sasaran program vaksin booster di Januari 2022.

Per 3 Januari 2022, pemerintah telah mengamankan 113 juta dosis stok vaksin booster, sedangkan untuk jenis vaksin yang akan digunakan untuk booster menunggu rekomendasi ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization) dan Badan POM.