Berita

Upaya Tingkatkan Kualitas Hidup, Dinkes Kaltim Gelar Evaluasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat

  •   Ceppy
  •   26 Maret 2024
  •   6:43pm
  •   Berita
  •   269 kali dilihat

 

Samarinda - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, dr Jaya Mualimin membuka resmi kegiatan Pertemuan Evaluasi Program Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Kaltim, Selasa (26/03/2024) sore.

Acara ini diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari 25 orang unsur lintas bidang dan lintas sektor provinsi Kaltim dan 20 orang dari unsur Dinas Kesehatan kabupaten / kota.

Dalam rapat tersebut dr Jaya menekankan pentingnya Promosi Kesehatan (Promkes) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Mulai dari meningkatkan kesadaran agar masyarakat dapat lebih memahami urgensi kesehatan.

Kedua, perubahan perilaku agar masyarakat dapat menyadari nilai kesehatan, mencapai hidup sehat dan memanfaatkan pelayanan kesehatan agar tepat guna.

Ketiga, yaitu Pemberdayaan Masyarakat agar dapat menciptakan lingkungan yang mendukung gaya hidup sehat dan berkenjutan.

“Melalui rapat ini, diharapkan kita dapat mengukur efektivitas dan dampak dari program-program yang telah dijalankan. Evaluasi ini dapat membantu kita sejauh mana program promosi kesehatan telah nencapai tujuan dan memberikan wawasan yang lebih lagi untuk kita kedepannya,” tutur dr Jaya.

Di tahun sebelumnya yakni pada tahun 2023, capaian promkes telah berfokus pada ibu, anak, KB, kesehatan reproduksi, percepatan perbaikan gizi, peningkatan pengendalian penyakit, dan pembudayaan perilaku sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Adapun Agenda yang dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut ini membuka ruang diskusi bagi seluruh pihak. Rapat ini pun diharapkan mampu menghasilkan rumusan langkah konkrit promkes, Peningkatan Peran Pemda dalam implementasi Promkes, serta pembelajaran tentang keberhasilan pelaksanaan promkes dalam mencapai masyarakat sehat dengan inovasi-inovasi upaya promkes.

Kadinkes yang juga menjabat Ketua Pengurus Wilayah Adinkes Kaltim ini juga meminta agar Sinkronisasi Data di seluruh kabupaten / kota dan Provinsi di Kaltim dioptimalkan lagi, serta mampu mengurainya dalam suatu indikator dengan proses pencatatan dan pelaporan data dari setiap program kesehatan.

“Semoga seluruh peserta aktif dalam berbagi informasi dan berdiskusi pada program-programnya sesuai dengan definisi operasional dan formula yang telah ditetapkan serta datanya sudah rutin dilaporkan,” ajaknya sekaligus mengimbau.

Hadir pula sejumlah narasumber yang akan membersamai kegiatan tahunan ini yaitu Dit. Promosi Kesehatan dan PM Kemenkes RI, Tim Penggerak PKK Kaltim, Bappeda Kaltim, DPMPD Kaltim dan Bapkes (cpy/pt)

Foto : Adding