Berita

Upacara HARHUBNAS 2022, Momentum Bangkit Maju Bersama

  •   Sefty Wulandari
  •   17 September 2022
  •   2:11pm
  •   Berita
  •   977 kali dilihat

Samarinda - Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (HARHUBNAS) yang diperingati setiap tanggal 17 September, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional . Bertempat di Halaman Kantor Dishub Kaltim, Jalan Kesuma Bangsa No 1, Sabtu (17/09/2022).


Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Hadi Mulyadi selaku pemimpin Upacara, dalam sambutan Menteri Perhubungan RI yang dibacakannya mengajak seluruh unsur pada sektor transportasi untuk terus tingkatkan kolaborasi dalam menghadapi tantangan transportasi. Hal ini sesuai dengan tema Hari Perhubungan Nasional (HARHUBNAS) tahun 2022 yakni Bangkit Maju Bersama.

“Semangat kolaborasi dan sinergi juga menjadi Ruh pada momentum Hari Perhubungan Nasional Tahun 2022 ini. Mari saling bahu-membahu untuk membangkitkan kembali sektor transportasi, sesuai dengan peran kita masing-masing. Semua demi menopang berbagai sektor masyarakat yang akan berdampak pada terwujudnya masyarakat yang adil, dan makmur sesuai cita-cita kita bersama,” ucap Hadi seraya mengajak.


Hadi mengungkapkan, Indonesia begitupula banyak Negara di Dunia harus menghadapi krisis perekonomian global di masa pemulihan pandemi ini. Namun, disisi lain insan perhubungan harus tetap bekerja membangun berbagai infrastruktur transportasi sebagai tugas dan fungsi utamanya dan juga melayani secara cermat dan apik.

“Banyak negara mengalami krisis ekonomi, dengan tingkat inflasi yang melambung tinggi. Namun, kita patut bersyukur Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi kriris global ini, ” tuturnya penuh rasa syukur.

Lebih lanjut Hadi mengatakan, di sektor transportasi nasional kebangkitan ekonomi perlahan mulai terlihat. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan sektor transportasi telah berhasil tumbuh 21.27% di kuartal kedua tahun 2022 dan memberi sumbangan positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5.44%. Pencapaian ini patut disyukuri sebab ditengah tantangan global, sektor transportasi memiliki kontribusi bagi Indonesia.

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada insan transportasi dimanapun berada, yang bertugas di kota, di desa, di perbatasan dan di pulau-pulau terpencil, yang telah mengabdi dan menjaga konektivitas di seluruh penjuru negeri,” imbuhnya.

Hadi menambahkan, ditengah pencapaian yang baik ini harus diakui masih banyak tantangan-tantangan yang harus kita benahi. Ada banyak pembangunan yang harus kita tuntaskan untuk meningkatkan konektivitas di seluruh nusantara. Masih banyak pekerjaan rumah untuk meningkatkan keselamatan transportasi. Perlu lebih agresif lagi untuk menciptakan integrasi antar moda di seluruh Indonesia dan juga tantangan tantangan lainnya. Kolaborasi dan Sinergi antar seluruh pihak menjadi kunci untuk hadapi tantangan ini agar dapat Bangkit Maju Bersama.

“Kita tidak akan cepat bangkit jika kita tidak bersama. Ibarat pepatah sebatang lidi akan mudah dipatahkan, tapi segenggam lidi akan sulit diruntuhkan, ” tutupnya.

Turut hadir secara langsung mengikuti Upacara yakni Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim Yudha Pranoto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim Muhammad Faisal, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi, Komandan Kodim 0901/Samarinda Letkol Arm Novi Herdian beserta jajaran tamu undangan. (sw/pt)