Berita

Universitas Islam Negeri Samarinda Menggelar Workshop Transformasi Digital untuk Peningkatan Layanan Akademik dan Administrasi

  •   Hendra Saputra
  •   20 Juli 2023
  •   12:59pm
  •   Berita
  •   337 kali dilihat

Samarinda – Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda mengadakan Workshop Transformasi Digital, dengan fokus pada Peningkatan Layanan Akademik dan Administrasi. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas persepsi yang seragam di kalangan pejabat dan lingkungan internal UINSI Samarinda mengenai peluang dan tantangan Transformasi Digital di kampus, serta merumuskan rekomendasi implementasi layanan digital pada bidang akademik dan administrasi di UINSI Samarinda.

Workshop ini diselenggarakan di Aula Rektorat Lt. 3 UINSI Samarinda Kampus 2, Jl. H.A.M. Rifaddin, Samarinda Seberang pada Kamis (20/7/2023).

Acara dibuka oleh Wakil Rektor II UINSI Samarinda, Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag, dihadiri oleh Ketua Tim Humas & Protokoler UINSI Samarinda, Agus Prajitno, S.Si.T., M.Eng. Narasumber yang diundang berasal dari Diskominfo Kaltim, Pranata Komputer Ahli Muda, Bambang Kukiloargo Suryo, serta Ketua Komisi Informasi Kaltim, Ramaon D Saragih.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag, menyampaikan rasa syukur karena bisa hadir dalam acara ini dan berupaya bersama-sama untuk menerapkan transformasi digital di lingkungan UINSI Samarinda.

"Kita telah memahami tema Workshop hari ini, yaitu Transformasi Digital pada Layanan Akademik dan Administrasi di lingkungan UINSI Samarinda. Kehadiran era digital mewajibkan inovasi di berbagai bidang, termasuk layanan publik. Pandemi COVID-19 telah memaksa kita untuk melakukan perubahan dari layanan konvensional ke layanan berbasis digital, seperti pembelajaran daring melalui zoom meeting, rapat online, serta ujian masuk perguruan tinggi yang kini dilakukan secara daring," ujar Prof. Dr. Zurqoni.

Dia juga menekankan bahwa transformasi digital bukanlah sesuatu yang berhenti setelah masa pandemi berakhir, tetapi harus menjadi langkah berkelanjutan dalam meningkatkan layanan di UINSI Samarinda, baik di bidang administrasi, akademik, maupun informasi.

Workshop ini diharapkan menjadi langkah awal untuk menciptakan lingkungan kampus yang semakin terhubung secara digital dan responsif terhadap kemajuan teknologi. Dengan kolaborasi dan kerja keras, UINSI Samarinda bertekad untuk terus menghadirkan layanan yang inovatif dan memenuhi kebutuhan mahasiswa dan stafnya. (hend/pt)