Berita

Uji Kompetensi Wartawan Kaltim Resmi Dibuka, Target Lahirkan Wartawan Berkompeten & Profesional

  •   resa septy
  •   3 Juni 2021
  •   12:10pm
  •   Berita
  •   329 kali dilihat

SAMARINDA - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Provinsi Kalimantan Timur secara resmi dibuka oleh Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi Wongso didampingi oleh Ketua PWI Pusat, Kamsul Hasan, Ketua PWI Kaltim, Endro S Efendi,  Ketua Dewan Pers, Agus Sudibyo dan Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal, bertempat di Hotel Bumi Senyiur, Kamis (03/06/2021).

Uji Kompetensi Wartawan ini dilakukan oleh Dewan Pers dan PWI ialah dengan tujuan untuk melahirkan wartawan yang lebih profesional khususnya dalam mematuhi Undang-Undang dan Dewan Pers.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua PWI Pusat, Kamsul Hasan yang mana dalam kesempatannya juga mengungkapkan bahwa pengujian ini merupakan metode uji terbaru yang diikuti 1.836 peserta di  34 provinsi.

“Target kita 98% bisa kompetan, mudah-mudahan justru 100% kompeten,” ucap Kamsul.

Sementara itu, Rusmadi mengapresiasi upaya Dewan Pers dalam melangsungkan uji kompetensi yang mana menurutnya dilakukan untuk melahirkan wartawan yang berkompetensi tinggi, profesional dan mengedepankan berita yang dirilis itu bukan hanya informasi yang cepat tapi informasi yang benar dan akurat.

“Kehadiran wartawan media ini untuk membangun daerah dan membesarkan bangsa yang kita cintai. Tentu kita memiliki visi dan tujuan yang sama dalam rangka kemajuan bangsa,” tegas Rusmadi.

Rusmadi menambahkan bahwa dengan pengujian ini ialah bentuk upaya bersama dalam menegakkan kemerdekaan pers itu sendiri. Wartawan yang kompeten tandasnya searah dengan tujuan daripada pembangunan daerah khususnya kota Samarinda. (resa/pt)