Berita

Tundro Minta Imlek Dirayakan Dengan Sederhana Dan Disiplin Prokes

  •   prabawati
  •   31 Januari 2022
  •   7:21am
  •   Berita
  •   460 kali dilihat

Samarinda - Jelang perayaan tahun baru Imlek 2573 Kongzili atau tahun baru China pada Selasa 1 Februari 2022. Ketua Majelis Tinggi Agama Khonghucu Kaltim (MATAKIN), Tundro Kosasih mengajak seluruh umat Khonghucu yang merayakan tetap mamatuhi protokol kesehatan (Prokes) dengan ketat.

"Mari saling mengingatkan akan pentingnya disiplin prokes diberbagai kondisi termasuk dalam merayakan imlek,"ajak Tundro saat menjadi Narsum pada dialog interaktif pada Minggu (30/1).

Hal ini, sesuai dengan edaran Ketua Umum Dewan Rohaniawan/Pengurus Pusat MATAKIN, menghimbau umat Khonghucu agar dapat merayakan Tahun Baru Imlek secara sederhana dan terbatas dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Demikian pula dihimbau pada saat pergi
bersembayang diharapkan para pengurus tempat ibadah dapat mengatur umat yang masuk ke dalam tempat ibadah agar  menjaga jarak.

"Dilihat juga luas tempat ibadah seberapa banyak umat yang bisa ditampung, kemudian kita atur jangan sampai umat di dalam berjejal terutama ibadah dilakukan pada malam tahun baru,"terangnya.

Selain itu, kebiasaan kumpul-kumpul keluarga dalam jumlah besar untuk dapat dihindari.

"Kita ketahui dimasa pandemi, kita diminta untuk membatasi kumpul-kumpul keluarga,  jangan sampai kunjungan kita ke rumah yang lebih tua terutama orang tua menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan,"tutur Tundro.

Untuk itu dia berharap, dalam perayaan imlek umat Khonghucu diharpakan bisa memanfaatkan teknologi yang sudah ada seperti zoom dan video call.

Tambahnya, momen penting dalam perayaan ini adalah bagi umat Khonghucu adalah ibadahnya bukan dari segi perayaannya.

"Mari jaga bersama jangan sampai perayaan ini memicu timbulnya kenaikan kasus Covid 19 di Kaltim,"tutupnya (Prb/ty).