Berita

Tito : Ada Saatnya Berlari Cepat, Ada Saatnya Berlari Lamban

  •   teguh p
  •   17 Mei 2021
  •   4:51pm
  •   Berita
  •   346 kali dilihat

SAMARINDA- Gubernur Kaltim, Isran Noor dan Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi serta Sekretaris Daerah Kaltim, Sa'bani dan Forkompimda Kaltim mengikuti pengarahan Presiden RI kepada Kepala daerah Se - Indonesia.

Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian menyampaikan laporan pada acara tersebut di Istana Negara Jakarta, Senin (17/5/2021).

"Ibarat lari marathon, situasi saat ini seperti berlari, ada saatnya berlari cepat, ada saatnya berlari lamban. Hal ini diperlukan karena kita juga perlu meningkatkan perekonomian juga menanggulangi penyebaran Covid-19 di Indonesia," papar Tito.

Perlu ketahanan dan endurance, ada waktunya berlari cepat dan disaat lain berlari lamban untuk menghemat tenaga. Ada saatnya menginjak gas, ada saatnya menginjak rem, untuk meningkatkan ekonomi dan ada saatnya menginjak rem untuk melakukan pengetatan untuk mengendalikan penyebaran Covid."Hingga saat ini peningkatan tingkat global belum dapat dibendung. Beberapa negara malah lonjakan gelombang seperti India, Bangladesh, Pakistan, Nepal, Prancis, Brasil, Mexico dan bahkan negara yang selama ini cukup ketat mengendalikan seperti Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Malaysia dan Singapura saat ini justru melakukan pembatasan yang amat ketat secara nasional karena kurva peningkatan selama sebulan ini," paparnya.

Disisi lain Indonesia mengalami tren yang baik, baik di sisi ekonomi maupun penyebaran COVID-19 selama sebulan ini. Strategi Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB dan kemudian disempurnakan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

"Berkat arahan Bapak Presiden Joko Widodo PSBB dan PPKM dianggap berhasil, namun tetap waspada usai merayakan Idulfitri 1442 H. Oleh karena itu setiap minggu Kemendagri, Kemenkes, Satgas Covid-19, Polri, TNI dan seluruh pemerintah daerah melakukan rakor evaluasi dengan mengupdate data dan situasi dan memberikan arahan bagi jajaran daerah," tutupnya.(teguh p/pt)